Salin Artikel

Ratusan Butir Peluru Kembali Ditemukan di Imogiri, Bantul

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Ratusan butir peluru kembali ditemukan oleh jajaran Polsek Imogiri bersama Unit Jibom Polda DIY di kebun milik warga di Padukuhan Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta.

Temuan ini tindak lanjut dari penemuan peluru senjata mesin berat (SMB) sebelumnya. 

Kapolsek Imogiri Kompol Suharno menyampaikan penemuan ratusan butir peluru ini, Sabtu (17/6/2023). Hal ini menindaklanjuti penemuan peluru oleh warga pada Jumat (16/6/2023). 

Awalnya ditemukan oleh saksi yang mana pada saat itu sedang bekerja memecah batu. Kemudian Polsek Imogiri berkoordinasi dengan Tim Jibom Polda DIY dan dilanjutkan pencarian hari berikutnya. 

"Hasilnya ada sekitar 700 butir peluru yang kami perkirakan masih aktif," kata Kapolsek dalam keterangan tertulis dikutip Senin (19/6/2023).

Kapolsek mengatakan, saat dilakukan penggalian, peluru tersebut masih mengeluarkan percikan api saat terkena hantaman benda keras.

Diperkirakan peluru-peluru tersebut merupakan bekas peninggalan perang masa lalu.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Jibom Polda DIY, peluru tersebut berukuran sekitar 9,9 milimeter atau peluru yang digunakan untuk senjata berat.

"Oleh petugas ratusan peluru tersebut langsung dimusnahkan agar tidak menimbulkan bahaya. Sedangkan, di lokasi penemuan masih dipasangi garis polisi untuk kebutuhan penyelidikan lebih lanjut," kata dia.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana menyampaikan, peristiwa penemuan 30 butir amunisi aktif dan kosong Jenis SMB, bermula dua orang pekerja pemecah batu. 

https://regional.kompas.com/read/2023/06/19/191348178/ratusan-butir-peluru-kembali-ditemukan-di-imogiri-bantul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke