Salin Artikel

Pj Gubernur Banten Bakal Bantu Warga Baduy Hapus Sinyal Internet dari Wilayahnya

Namun, penghapusan sinyal internet akan melihat terlebih dahulu sisi positif dan negatifnya dari kebijakan tersebut.

"Ya itu tergantung sudut pandang cara kita menyimpulkan. Sudut pandang itu kalau kita berfikir pada sisi positif jadi positif, kemudian dari sisi negatif ada negatif. Keberimbangan dari kemanfaatan positif dan megatif menjadi sudut pandang," kata Al Muktabar kepada Kompas.com di Pendopo Gubernur Banten, Serang. Selasa (12/6/2023).

Namun, Al Muktabar mengaku akan mencari tahu dan berdialog terlebih dahulu dengan pimpinan adat Baduy dan Kementrian Komunikasi dan Informatika Ri.

Hal itu dilakukan agar semuanya berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan bersama.

"Saya sedang mengkomunikasikannya dengan saudara saudara kita baik di baduy kepada kementrian terkait (Kominfo), dan Gubernur sebagai bapak gede oleh saudara kita di Baduy perlu komunikasi lebih dalam soal itu," ujar dia.

"Makannya kita akan komunikasikannya. tentu kita akan melihat asas kemanfaatan dan kebaikannya untuk semua," sambung dia.

Sementara itu, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Banten Virgojanti mengaku menghormati permintaan dan tuntutan dari warga Baduy menjadikan wilayah tanah ulayat menjadi blankspot internet.

"Mangga silakan, kalau itu mah kewenangan puun (pimpinan adat). Hanya area (Baduy dalam) itu saja yang dibebaskan dari jaringan seluler, karena mereka punya pertimbangan sendiri," kata Virgojanti.


Sebelumnya, hasil musyawarah antar barisan kolot di Baduy menghasilkan dua poin permintaan kepada pemerintah.

Poin pertama adalah permohonan penghapusan sinyal internet, atau mengalihkan pemancar sinyal (tower), agar tidak diarahkan ke wilayah Tanah Ulayat Baduy dari berbagai arah.

Mereka ingin Tanah Ulayat Baduy menjadi wilayah yang bersih dari sinyal internet (blankspot area internet).

Kemudian poin kedua permohonan untuk membatasi, mengurangi atau menutup aplikasi, program dan konten negatif pada jaringan internet yang dapat mempengaruhi moral dan akhlak generasi bangsa.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/13/220421978/pj-gubernur-banten-bakal-bantu-warga-baduy-hapus-sinyal-internet-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke