Salin Artikel

Tiap Hari Macet Selama Bertahun-Tahun, Pemprov Sulsel Janji Akan Buatkan Jembatan Barombong Makassar

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Astina Abbas ketika dikonfirmasi, Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, Pemprov Sulsel akan mengajukan pembangunan sebuah jembatan lagi di Barombong ke Pemerintah Pusat. Sehingga, nantinya akan menjadi dua jembatan di muara Sungai Jeneberang untuk mengatasi kemacetan yang tiap hari terjadi.

"Kita akan usulkan ke Pemerintah Pusat pembangunan sebuah jembatan lagi, sehingga menjadi dua jembatan untuk mengatasi kemacetan disana," katanya.

Saat ditanya kapan pembangunan satu jembatan baru di Barombong, Astina mengaku belum mengetahui persis. Namun dia akan mengajukan pembangunan jembatan Barombong, jika Pemerintah Kota Makassar sudah menyiapkan lahannya.

"Belum tahu kapan. Tapi kalau Pemkot Makassar sudah siapkan lahannya, Pemprov Sulsel akan mengajukan ke Pemerintah Pusat. Itu di sana kan masih jalan kewenangan Pemkot Makassar," ujarnya.

Diketahui, tiap hari selama bertahun-tahun terjadi kemacetan di Jembatan Barombong. Pasalnya, Jembatan Barombong yang berukuran kecil dan panjang ini merupakan jalan trans Sulsel yang menghubungkan Kota Makassar-Kabupaten Gowa dan Takalar.

Kemacetan biasa terjadi di waktu pagi dan sore hari. Belum lagi, jika ada truk yang mengalami rusak tepat di tengah jembatan tersebut. Tentunya, kemacetan total akan terjadi.

Sudah lama warga mengeluhkan kondisi ini ke Pemprov Sulsel dan DPRD, namun belum ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan, kerap kali Pemprov Sulsel melempar tanggung jawab ke Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Pusat.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/070310178/tiap-hari-macet-selama-bertahun-tahun-pemprov-sulsel-janji-akan-buatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke