Salin Artikel

Pengantar Calon Jemaah Haji di Lombok Berdesakan, Ada yang Turun ke Got

MATARAM, KOMPAS.com - Pengantar calon jemaah haji (CJH) kloter pertama Lombok di Asrama Haji Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, NTB, rela berdesak-desakan pada Selasa (6/6/2023). Bahkan, sebagian dari mereka turun ke got untuk mengucapkan selamat kepada kerabat yang akan berangkat haji.

Pantauan Kompas.com di Asrama Haji NTB, sejumlah warga rela basah-basahan turu ke saluran got dengan kondisi air yang kotor berlumpur dan banyak sampah.

Hal itu dilakukan warga karena akses untuk bertemu keluarganya yang akan berangkat haji dibatasi petugas. Sehingga, warga memilih untuk turun ke got untuk bisa menyalami keluarga meskipun hanya lewat pagar pembatas.

Mereka juga saling berpelukan meski dibatasi pagar pembatas. Sebagian dari mereka ada yang menangis haru.

"Yang penting bisa ketemu kakak ipar saya. Kalau masuk lewat gerbang sulit dijaga ketat petugas," kata Sarifah (45), seorang pengantar calon jemaah haji asal Desa Rensing.

Ia mengaku ingin mengucapakan selamat dan mendoakan kakak iparnya agar bisa menjalankan ibadah haji, hingga nanti balik ke tanah air.

"Ya semoga saja sehat wal afiat, lancar menjalankan ibadah. Saya terharu karena ini pengalaman pertama mungkin seumur hidup," kata Sarifah.

Diketahui, sebanyak 393 calon jemaah haji (CJH) kloter pertama embarkasi Lombok mulai memasuki asrama haji pada Selasa (6/6/2023).

Mereka akan diberangkatkan menuju Mekkah, Arab Saudi, melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) pada Rabu (7/6/2023) sekitar pukul 6.55 Wita melalui Bandara Internasional Lombok.

Jemaah haji tersebut turut didampingi satu orang ketua kloter, satu orang pembimbing ibadah, satu orang dokter kloter, dua orang paramedis, dan dua orang petugas haji daerah (PHD).

Jemaah haji tertua pada kloter pertama ini atas nama Muhammad Hafifuddin (93) dan Inaq Rumintang (91). Sementara lima orang di antaranya menggunakan kursi roda.

"Alhamdulillah hari ini kloter pertama embarkasi Lombok jemaah dari Lombok Timur sudah masuk asrama. Nanti jam 02.00 Wita dini hari dilepas dan berangkat ke Bizam (BIL)," kata Kepala Kantor Wilayah Menteri Agama (Kemenag) NTB Zamroni Aziz saat ditemui di Asrama Hajipada Selasa (6/6/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/06/06/205250878/pengantar-calon-jemaah-haji-di-lombok-berdesakan-ada-yang-turun-ke-got

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke