Salin Artikel

Soal Jokowi "Cawe-cawe" Pilpres, Ganjar Sebut Kader Wajib Ikut Campur

SEMARANG, KOMPAS.com- Merespon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dikabarkan ikut 'cawe-cawe' dalam pemenangan Pilpres 2024 untuk partainya  PDI-Perjuangan, Bakal Capres Ganjar Pranowo ikut angkat bicara.

Menurut orang nomor satu di Jateng itu sudah sewajarnya Jokowi menggunakan hak pilihnya sebagai salah satu kader partai moncong putih itu.

"Sebagai kader pasti akan menggunakan hak pilihnya," tutur Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di hadapan awak media, Senin (5/6/2023).

Hal itu dia sampaikan usai mengisi sarasehan bersama ribuan kepala desa di GOR Voli di kompleks Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jateng.

Sementara itu, ditanya bila dirinya juga akan cawe-cawe pada ajang kontestasi di Pemilihan Gunernur 2024, ia malah menyebut bakal jadi juru kampanye.

"Kalau kadernya dari PDI-P ya wajib dong. Pasti saya jadi jurkam," selorohnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi mengakui bahwa dirinya cawe-cawe atau mencampuri urusan kontestasi politik menjelang Pilpres 2024.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan ketika bertemu dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional di Istana, Jakarta, Senin (29/5/2023) sore.

Ia menilai, bangsa ini membutuhkan pemimpin yang bisa menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 2030.

Oleh karena itu, Presiden Ketujuh RI itu menilai, kebijakan dan strategi kepemimpinan berikutnya akan menjadi penentu Indonesia untuk menjadi negara maju atau tidak.

"Karena itu saya cawe-cawe. Saya tidak akan netral karena ini kepentingan nasional," katanya di hadapan para pemimpin redaksi media massa nasional, Senin (29/5/2023).

"Kesempatan kita hanya ada 13 tahun ke depan. Begitu kita keliru memilih pemimpin yang tepat untuk 13 tahun ke depan, hilanglah kesempatan untuk menjadi negara maju," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/05/153325178/soal-jokowi-cawe-cawe-pilpres-ganjar-sebut-kader-wajib-ikut-campur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke