Salin Artikel

3 Calon Sekda Pemalang yang Lolos Seleksi Tiba-tiba Dibatalkan, Ada Apa?

"Mungkin kriteria KASN sangat tinggi sehingga 3 calon sekda yang lolos terpaksa dibatalkan oleh tim Pansel," kata Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Sabtu (3/6/2023).

Mansur mengatakan dengan gugurnya 3 calon sekda yang sebelumnya diloloskan oleh tim Pansel, maka nantinya akan dilakukan kembali seleksi ulang.

"Ya dibatalkan, dan prosesnya diulang, untuk lebih detailnya nanti akan disampaikan oleh BKD," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana mempertanyakan kredibilitas tim Pansel terkait gugurnya 3 calon sekda yang sudah dipilih. Padahal sejak awal pansel sudah memiliki dan memahami aturan terkait rekrutmen calon sekda.

"Kenapa tidak dari awal saja, lima calon sekda dinyatakan tidak lolos kriteria. Padahal pansel sudah tahu sejak awal jika ada rekomendasi dari KSN," tegasnya.

Ia meminta, pansel bisa menjelaskan kepada publik alasan 3 calon sekda yang sudah diloloskan dinyatakan gugur. Sebab, Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang sudah bekerja keras, waktu dan biaya yang tidak sedikit.

"Tiba-tiba 3 calon sekda dinyatakan gagal alasanya rekomendasi KASN, padahal sebelum seleksi dimulai sudah turun itu rekomendasi KASN," katanya.

Sebelumnya, KASN merekomendasikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pemalang dan Pansel calon sekda agar mempertimbangkan calon sekda yang berpotensi secara hukum.

Pasalnya, pejabat eselon 2 di lingkungan Pemkab Pemalang banyak yang tersandung kasus, pasca-bupati Pemalang Mukti Agung kala itu terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/04/094516478/3-calon-sekda-pemalang-yang-lolos-seleksi-tiba-tiba-dibatalkan-ada-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke