Salin Artikel

Diduga Alami Kebocoran, KMP Jembatan Musi 1 yang Angkut 43 Penumpang Terpaksa Putar Balik

BANYUASIN, KOMPAS.com- Kapal Motor Penumpang (KMP) Jembatan Musi 1 yang hendak berlayar dari penyeberangan Tanjung Api-api (TAA) Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan menuju Tanjung Kalian Bangka Belitung (Babel), terpaksa putar balik lantaran diduga mengalami kebocoran.

Direktur Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Andreas Kusmaedi mengatakan, kejadian itu berlangsung Jumat (2/6/2023) sore kemarin, ketika kapal baru saja bertolak dari pelabuhan TAA.

Namun, ketika melintas di perairan Banyuasin, kondisi kapal yang berada di bagian kendaraan mengalami kebanjiran sehingga nahkoda kapal memutuskan untuk putar balik.

“Dugaannya air masuk melalui rumah karet kedap ramp door di haluan kapal. Karet itu tidak bisa menahan ombak yang besar, sehingga diduga air masuk,”kata Andreas, Sabtu (3/6/2023).

Andreas menyebutkan, kapal itu membawa sebanyak 43 penumpang, empat unit mobil bus, 10 unit mobil truk dan 20 Anak Buah Kapal (ABK). Semuanya berhasil selamat setelah kapal bersandar kembali di TAA.


“Kami masih meminta keterangan dari KSOP, nahkoda dan Dinas Perhubungan untuk mencari tahu penyebab pastinya,”ujarnya.

Kepala UPTD Pelabuhan TAA, Banyuasin Iwan Gunawan menjelaskan, saat kapal mengalami masalah, nahkoda langsung berkoordinasi untuk putar balik. Sehingga, seluruh awak kapal berhasil dievakuasi.

“Untuk penyebab kapal mengalami kebocoran masih akan diperiksa, nanti hasil investigasi dari pihak berwenang,”katanya.

Sementara, untuk seluruh penumpang saat ini telah kembali berlayar dengan menggunakan kapal lain. 

https://regional.kompas.com/read/2023/06/03/163305778/diduga-alami-kebocoran-kmp-jembatan-musi-1-yang-angkut-43-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke