Salin Artikel

Pada Detik-detik Waisak 2567 BE-2023, Wisatawan Tidak Boleh Naik ke Candi Borobudur

MAGELANG, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan melakukan pengaturan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur saat detik-detik peringatan Tri Suci Waisak 2567 BE, Minggu (4/6/2023).

Pada kegiatan spiritual itu wisatawan tidak boleh naik ke bangunan candi dan pelataran candi Borobudur. 

“Saat bersamaan dengan ibadat detik-detik Waisak, seluruh kunjungan wisatawan tidak bisa naik ke bangunan candi dan pelataran candi. Melainkan hanya sampai di zona II atau sekitar Taman Lumbini saja,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan, Jumat (2/6/2023).

Ferbrina mengatakan, kunjungan wisatawan di Candi Borobudur pada Minggu (4/6/2023) dibatasi mulai pukul 06.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Hal itu dilakukan, untuk persiapan pelepasan lampion di Minggu malam dan menjaga kekhusyukan saat ibadah Waisak .

“Para pengunjung regular, meskipun tidak bisa masuk ke pelataran candi, bisa menyaksikan prosesi Waisak. Meskipun ada pembatasan-pembatasan,” ujarnya.

General Manajer Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi menambahkan, pihaknya menyiapkan dua pintu masuk bagi yang ingin ikut melepaskan lampion Waisak, yaitu masuk melalui pintu gerbang utama dan akan dibagi dua bagian.

“Khusus yang akan menerbangkan lampion akan kita lewatkan pintu masuk wisatawan asing. Sedangkan yang pengungjung yang hanya menonton akan dilewatkan melalui pintu masuk wisatawan nusantara,” kata Jamal.

Ribuan umat diperkirakan akan hadir pada perayaan hari besar agama Buddha tersebut.

Sebelum itu, umat akan melakukan kirab berjalan kaki membawa sarana puja dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Pada malam harinya, akan dilangsungkan pelapasan 2.567 buah lampion yang dibagi menjadi dua tahap, yakni pada pukul 17.30 WIB dan pukul 19.30 WIB.

Pelepasan lampion diikuti oleh masyarakat umum dan umat Buddha yang sebelumnya sudah mendaftar. 

https://regional.kompas.com/read/2023/06/02/203939978/pada-detik-detik-waisak-2567-be-2023-wisatawan-tidak-boleh-naik-ke-candi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke