Salin Artikel

254 Jemaah Haji Semarang Gagal Berangkat Tahun Ini karena Belum Lunas dan Faktor Kesehatan

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, Ahmad Farid mengatakan, selain belum melunasi biaya haji, banyak juga calon jamaah haji yang seharusnya berangkat tahun ini tidak siap secara fisik.

"Tidak semuanya karena belum lunas, sebagian juga karena alasan fisik yang belum siap," jelasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (31/5/2023).

Data yang dia peroleh, jamaah haji dari Kota Semarang yang berangkat tahun 2023 sebanyak 1.667 warga. Ribuan jamaah haji tersebut merupakan daftar yang sudah melunasi biaya haji.

Farid menjelaskan, pemberangkatan ribuan jamaah dari Kota Semarang itu dibuat 6 kloter pemberangkatan. Islamic Center Semarang dipilih menjadi lokasi untuk transit jamaah haji.

"Transit kita lakukan di Islamic Center, nanti kita berangkatkan sesuai jadwal," ungkapnya

Bagi jamaah haji yang belum bisa berangkat haji tahun ini, akan diberikan kesempatan untuk mempersiapkan administrasi dan kesehatan fisik agar bisa berangkat haji tahun depan.

"Insyaallah diusahakan tahun depan," bebernya.

Selain itu, dia juga berpesan kepada jamaah haji yang akan berangkat tahun ini untuk mempersiapkan mental dan fisik terutama yang sudah lansia.

"Sekarang tak ada pendamping untuk lansia," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/31/200354878/254-jemaah-haji-semarang-gagal-berangkat-tahun-ini-karena-belum-lunas-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke