Salin Artikel

Kasus Dugaan Pencabulan 12 Murid di Wonogiri Terungkap Saat Guru Lapor ke Kepsek, Tapi Tak Digubris

KOMPAS.com - Sebanyak 12 siswa madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah diduga dicabuli oknum kepala sekolah (kepsek) dan guru.

Kasus pencabulan ini terungkap dan masih dalam penyelidikan Polres Wonogiri.

Awal kasus terungkap

Menurut Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Anif Solikhin, awal mula kasus terungkap saat seorang guru melaporkan dugaan pencabulan yang dilakukan oleh oknum guru lain.

Guru tersebut melaporkan dugan pencabulan ke kepsek, namun tidak digubris.

"Para guru di madrasah tersebut baru mengetahui adanya dugaan pencabulan yang melibatkan oknum kepala sekolah dan guru pada Jumat lalu," kata dia, dilansir dari TribunSolo.com.

Para guru di madrasah itu kemudian kaget. Pasalnya, pencabulan itu diduga telah dilakukan sejak sekitar satu tahun. Diketahui oknum guru itu berinisial Y, sementara kepala madrasah berinisial M.

Murid saling ejek soal "disentuh" guru

Sebelum kasus itu mencuat, sebagian guru sempat mendengar siswa saling ejek yang menjurus bahwa ada siswa yang "disentuh" oleh oknum guru.

Siswa yang diejek pun mengaku temannya juga mendapat perlakuan serupa.

"Hal itu sempat dilaporkan kepada kepala sekolah. Tapi tidak ada tindaklanjut, ternyata (kepala sekolah) yang diduga sebagai pelakunya," jelasnya.

Selanjutnya para orang tua siswa mendengar kabar tersebut hingga akhirnya ada anak yang berani menceritakan kepada orang tuanya, yang kemudian dilaporkan ke Kades setempat.

Hal itu kemudian dilaporkan kepada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB P3A) Wonogiri.

"Setelah itu kita lakukan tindaklanjut juga. Kalau kepsek dan guru masih disitu pasti juga tidak nyaman, tidak kondusif. Padahal anak Senin tes. Guru Kemenag kita tarik dan kasek kita koordinasi dengan yayasan dan sepakat menonaktifkan sementara kepsek," jelasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor David Oliver Purba)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Kasus Dugaan Pencabulan di Madrasah Wonogiri : Guru Sempat Lapor ke Kepsek, Tapi Tak Digubris

https://regional.kompas.com/read/2023/05/31/160427478/kasus-dugaan-pencabulan-12-murid-di-wonogiri-terungkap-saat-guru-lapor-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke