Salin Artikel

Tower BTS di Pedalaman Sikka Tak Berfungsi Maksimal, Mahfud MD: Nanti Dibicarakan

SIKKA, KOMPAS.com - Warga Desa Natakoli, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih kesulitan sinyal meski di daerah itu telah dipasang tower base transceiver station (BTS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Sebab, tower BTS yang dibangun di pedalaman Sikka itu tidak berfungsi maksimal.

Menanggapi hal tersebut, Plt Menkominfo Mahfud MD enggan berkomentar banyak. Menurutnya, masalah BTS akan dibicara di Jakarta.

“Nanti biar dibicarakan di Jakarta kalau BTS,” ujar Mahfud kepada wartawan saat silaturahmi ke kediaman almarhum Fransiskus Seda di Lekebai, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Rabu (31/5/2023).

Beroperasi sejak 2022

Markus Mirong (35), warga Desa Natakoli, menuturkan, tower tersebut mulai beroperasi sejak September 2022. Namun, hingga saat ini belum bekerja maksimal.

“Bisa digunakan tapi sinyalnya susah, kadang bagus kadang tidak. Tergantung cuaca,” ujar Markus saat dihubungi, Rabu (31/5/2023).

Akibatnya, ungkap Markus, mereka harus mencari sinyal wireless fidelity (WiFi) di kantor desa. Namun, WiFi tersebut hanya bisa digunakan saat listrik menyala.

Jika padam, mereka terpaksa mencari sinyal di wilayah lain yang jauhnya sekitar dua kilometer dari kampung itu.

Markus berharap agar pemerintah bisa memperhatikan kondisi yang mereka alami, sehingga tidak lagi kesulitan sinyal.

“Kami harap dengan Pak Plt. Kemenkominfo yang baru bisa perhatikan kami di sini biar sinyal tidak susah lagi,” pintanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/31/141023178/tower-bts-di-pedalaman-sikka-tak-berfungsi-maksimal-mahfud-md-nanti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke