Salin Artikel

Dengan Papan Tulis Sederhana, Aipda Harnan Rutin Ajari Anak-anak Baca Tulis

SENTANI, KOMPAS.com – Dengan papan tulis sederhana, Aipda Harnan Duwiri rutin mengajari anak-anak di Kelurahan Tabri, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Papua.

Bhabinkamtibmas Polsek Nimboran itu mengajari anak-anak membaca, menulis dan berhitung.

Hal ini dilakukan Harnan dalam rangka program Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Jayapura.

“Saya secara rutin mengajarkan anak-anak baca dan tulis. Ini merupakan kegiatan Gabus yang kita lakukan dalam rangka mendukung pengentasan buta aksara di Kabupaten Jayapura,” kata Harnan melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Harnan mengaku menyiapkan sendiri papan tulis sederhana itu. Ia berharap, proses belajar mengajar yang dilakukan secara non-formal ini dapat mengentaskan buta aksara di Kabupaten Jayapura.

Harnan mengatakan, tidak semua anak-anak diajarkan. Dia hanya mengajar anak-anak yang memiliki niat dan semangat untuk belajar membaca dan menulis.

"Ada lima peserta didik yang secara rutin saya ajarkan tentang baca dan tulis menggunakan papan tulis yang sederhana, sehingga anak-anak memiliki kemampuan membaca dan tulis yang baik,” ucap Duwiri.

Kapolsek Nimboran, Ipda S. Picauly menjelaskan, program Gabus ini merupakan salah satu tugas dari Bhabinkamtibmas guna membantu memberantas buta aksara yang ada di wilayah Nimboran, Kabupaten Jayapura.

“Para siswa yang diajarkan oleh Bhabinkamtibmas ini berusia sekitar 8 tahun. Mereka dibekali tentang membaca dan menulis oleh Bhabinkamtibmas,” ungkapnya.

Dia mengatakan, walaupun para siswa ini masih melanjutkan sekolah formal, tetapi semangat mereka untuk belajar bersama Bhabinkamtibmas tetap terjaga hingga saat ini.

“Diharapkan melalui program ini dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah kami yang ada di Distrik Nimboran, Kabupate Jayapura,” harapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/30/194724178/dengan-papan-tulis-sederhana-aipda-harnan-rutin-ajari-anak-anak-baca-tulis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke