Salin Artikel

Sungai di Banyumas Mulai Mengering, Warga Manfaatkan untuk Tanam Sayuran

BANYUMAS, KOMPAS.com - Memasuki musim kemarau, aliran sungai di Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai mengering.

Kondisi itu dimanfaatkan warga dan polisi untuk bercocok tanam. Mereka bersama-sama turun ke sungai untuk menanam berbagai macam sayuran, Senin (29/5/2023).

Kapolsek Lumbir AKP Lulus Niatdi mengatakan, kegiatan itu sebagai salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan di tengah musim kemarau.

"Kegiatan ini untuk mendukung ketahanan pangan dan membantu perekonomian rakyat. Kegiatan ini sekaligus agar kebutuhan sayur di wilayah ini stabil," kata Lulus kepada wartawan, Senin.

Menurut Lulus, nantinya hasil panen itu dapat dijual maupun dikonsumsi sendiri oleh warga sekitar sungai.

"Ada bermacam-macam tanaman, antara lain cabai, tomat, terong, sawi hijau dan lainnya. Hasil panen nanti bisa dimanfaatkan masyarakat atau dibagikan," ujar Lulus.

"Tadi bersama Polsek Lumbir menanam sayur-mayur. Saya senang dan hasilnya kalau melimpah bisa untuk pribadi, dijual dan dibagikan kepada tetangga," ucap Kamini.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/29/215407078/sungai-di-banyumas-mulai-mengering-warga-manfaatkan-untuk-tanam-sayuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke