Salin Artikel

13 Unit Laptop Bantuan Kemendikbud di SMPN Reroroja NTT Hilang Dicuri

SIKKA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 unit laptop mini atau chromebook di SMP Negeri Reroroja di Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), hilang diduga digondol maling.

Laptop tersebut diketahui merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2022.

Kepala SMP Negeri Reroroja Nurfitriah Safrudin menuturkan, chromebook itu sempat digunakan saat kegiatan workshop literasi di SMP Negeri Kolisia pada 4 Mei hingga 6 Mei 2023.

Laptop itu diketahui hilang saat dirinya meminta bendahara sekolah mengambilnya di dalam lemari pada Rabu (24/5/2023) sekitar pukul 12.00 Wita.

"Saat itu saya minta bendahara mengambil chromebook karena akan disimpan di rumah salah satu guru saya. Waktu pengecekan ternyata jumlah chromebook di lemari hanya ada 2 unit, seharusnya 15 unit," jelas Nurfitriah saat dihubungi, Sabtu (27/5/2023).

Awalnya, Nurfitriah menduga bahwa chromebook tersebut sedang digunakan para guru di sekolah itu. Namun, setelah dimintai konfirmasi, semua guru mengaku tidak menggunakannya.

Pihaknya kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Pospol Ndete. Aparat yang bertugas lalu menyarankan untuk melapor ke Kepolisian Sektor Nita.

"Akhirnya saat itu saya minta salah satu guru Yulius Oktavianus Nua untuk membuat laporan polisi ke Polsek Nita," katanya.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor (Polres) Sikka AKP Margono mengatakan, kasus tersebut masih diselidiki.

"Laporannya sudah kita terima dan saat ini kita sedang dalami. Pelakunya masih kita selidiki," ujar Margono saat dihubungi, Sabtu.

Aparat, lanjutnya, telah memeriksa tiga saksi dalam peristiwa itu, yakni kepala sekolah, Yulius Oktavianus Nua, dan Agnes Dua Neang (28) salah satu guru di sekolah itu.

"Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir Rp 26.000.000," pungkas Margono.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/27/165039578/13-unit-laptop-bantuan-kemendikbud-di-smpn-reroroja-ntt-hilang-dicuri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke