Salin Artikel

Rio Fahmi Bocorkan 2 Permintaan Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri Sebelum Bertanding

SEMARANG, KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri selalu berpesan kepada pemain agar shalat tepat waktu secara berjemaah dan menelpon orang tua sebelum melakukan pertandingan saat SEA Games di Kamboja. 

Pemain belakang Timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi mengatakan, ada dua hal yang selalu dikatakan pelatih (Indra Sjafri) sebelum melakukan pertandingan kepada para pemain. 

"Selalu mengingatkan agar shalat dan menelepon orangtua sebelum bertemu," jelasnya saat ditemui di Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/5/2023). 

Menurutnya, dua hal yang sering diingatkan Indra Sjafri tersebut membuat mental dan daya juang pemain semakin tinggi. Meski di luar teknis sepakbola, dua hal itu mempengaruhi mental pemain. 

"Itu adalah hal di luar sepakbola tapi sangat penting karena tak lepas dari doa orang tua yang sangat berpengaruh," ungkap Rio.

Dia mengakui pertandingan melawan Thailand tidak mudah. Rio yang saat itu masuk di babak kedua mencoba untuk menyemangati pemain agar tetap semangat dan fokus. 

"Kita saling menyemangati saat itu," ujarnya. 

Selain sepakbola, saat ini Rio juga menjadi mahasiswa baru di Kampus Udinus jurusan manajemen. Menurutnya, selain karier di sepakbola, pendidikan juga penting baginya. 

"Saya memilih Udinus karena bagus ya. Banyak teman-teman timnas juga kuliah di sini," paparnya. 

"Saya akan bagi waktu kuliah dan latihan (sepakbola)," ucap pemain kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/23/161245578/rio-fahmi-bocorkan-2-permintaan-pelatih-timnas-indonesia-u-22-indra-sjafri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke