Salin Artikel

Pandawara Group dan Warga Bersihkan Pantai yang Disebut Terjorok di Indonesia

Bahkan Pandawara Group menyebutnya sebagai pantai terkotor di Indonesia. 

Kelompok pemuda yang terkenal karena aksi bersih-bersih dari sampah ini pun sampai turun tangan untuk membersihkan sampah di Pantai Teluk.

Bersih-bersih Pantai Teluk dilakukan oleh Pandawara dengan mengajak masyarakat dan mengumumkannya di akun Instagram @pandawaragroup, sontak ratusan masyarakat masyarakat ikut turun membersihkan sampah, Senin (22/5/2023).

Pantauan Kompas.com di lokasi, aksi bersih-bersih dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelum bersih-bersih dimulai, masing-masing peserta mendapatkan sarung tangan dan trash bag.

Tidak butuh waktu lama, telah terkumpul ratusan kantong sampah yang dikumpulkan di satu titik.

"Saya berdua sama teman, sudah mengumpulkan banyak banget, tapi sampahnya tidak habis-habis," kata Fredi salah satu peserta aksi bersih-bersih Pantai Teluk, Senin.

Fredi mengaku sengaja datang dari Kabupaten Serang untuk ikut aksi bersih-bersih. Dia tergerak hatinya setelah melihat postingan di akun Instagram Pandawara.

Selain Fredi juga ada ratusan peserta lain yang suka rela turun bersih-bersih pantai. Termasuk siswa dan siswi dari SMPN 2 Labuan.

Kebetulan, kata dia, saat ini sudah tidak ada lagi pelajaran di kelas karena baru saja melakukan ujian sekolah.

Salah satu personel Pandawara Group, Ikhsan Destian, mengatakan setelah dua jam aksi bersih-bersih terkumpul 1.200 kantong dan akan terus bertambah.

"Sekitar 1.200 kantong terkumpul dalam dua jam, ini baru sebagian kecil, karena kita rencanakan dua hari bersih-bersih," kata Ikhsan.

Ikhsan mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan ada pantai kotor di Banten. Saat dicek, kata dia, ternyata kondisinya benar-benar kotor.

"Dari beberapa pantai yang sudah dibersihkan oleh Pandawara, pantai ini yang paling kotor," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/22/125420478/pandawara-group-dan-warga-bersihkan-pantai-yang-disebut-terjorok-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke