Salin Artikel

4 Parpol di Flores Timur Tak Daftarkan Bacaleg, Termasuk PPP dan Partai Ummat

FLORES TIMUR, KOMPAS.com – Sebanyak empat partai politik di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak mengajukan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Flores Timur Kornelius Abon mengatakan, empat parpol itu, yakni Partai Ummat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Garuda dan Partai Buruh.

“Pada Minggu (14/5/2023) hingga pukul 23:59 hanya ada 14 parpol yang melakukan registrasi dan menyerahkan daftar nama-nama bacalegnya ke KPU Flores Timur dan dinyatakan lengkap dan diterima,” ujar Kornelius dalam keterangannya, Senin (15/5/2023).

Kornelius menuturkan, sejumlah kader PPP sempat mendatangi KPU Flores Timur. Namun berkasnya belum lengkap sehingga dikembalikan dan tidak dilanjutkan pemeriksaan.

Dengan begitu, lanjutnya, maka empat parpol tersebut tidak diikutsertakan pada Pemilu 2024.

Sementara 14 parpol yang mengajukan bacaleg, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Nasdem, PDI-Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Golongan Karya (Golkar).

Kemudian Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtra (PKS), Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Gerindra, Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Gelora.

Total jumlah bacaleg yang diajukan 14 parpol ini sebanyak 408 orang, 270 bacaleg laki-laki dan 138 bacaleg perempuan.

Selanjutnya, tambah Kornelius, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon hingga Jumat (23/6/2023).

Setelah itu, ada proses pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon.

"Untuk saat ini kami masih melakukan verifikasi, kemudian diumumkan apakah ada bacaleg yang difabel, pensiunan aparatur sipil negara (ASN) dan lainnya,” pungkas Kornelius.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/15/160154678/4-parpol-di-flores-timur-tak-daftarkan-bacaleg-termasuk-ppp-dan-partai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke