Salin Artikel

Arisan Bodong Rp 1,3 Miliar di Cianjur, Pelaku Janjikan Keuntungan 30 Persen

Diduga kerugian yang dialami puluhan orang mencapai Rp 1,3 miliar. LH pun ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan modus lelang arisan.

Kapolres Cianjur AKBP Azshari Kurniawan menjelaskan, pihaknya melakukan pemeriksaan dan penyelidikan setelah menerima laporan dari seorang korban pada Februari 2023.

"Atas dasar laporan tersebut kita melakukan pemeriksaan terhadap sebanyak 10 orang saksi, dan melakukan penyelidikan, sehingga tersangka berhasil kita tangkap," katanya pada wartawan, Kamis (11/5/2023).

Kasus penipuan tersebut berawal saat ia menjual dan menawarkan arisan kepada warga di Kecamatan Cibeber. Kepada para korban, LH mengiming-imingi keuntungan 30 persen dari nilai pembelian arisan.

Namun, sampai jatuh tempo yang telah dijanjikan, tersangka tidak mampu mengembalikan dana nasabah tersebut.

“Rata-rata nasabah menginvestasikan dananya kisaran puluhan hingga ratusan juta. Total dana yang digelapkan tersangka lebih dari Rp 1 miliar,” ujar dia.

Sejumlah nasabah kemudian memerkarakannya hingga akhirnya LH diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka.

“Setelah kita lidik ternyata slot lelang arisan ini fiktif, tidak ada. Tersangka membohongi para membernya untuk membeli lelang arisan,” ucap Aszhari.

Ia mengatakan jumlah nasabah yang menjadi i korban arisan bodong tersangka mencapai 50 orang.

"Masyarakat agar waspada dan hati-hati terhadap segala macam investasi yang ditawarkan oleh perseorangan. Jangan mudah tergiur apalagi dengan janji keuntungan yang tidak wajar," ungkap Aszhari.

Ia menyebut salah satu korban mengalami kerugian hingga Rp 304 juta.

"Sesuai dengan pemeriksaan dan penyelidikan jumlah korban sebanyak 50 orang. Dengan jumlah puluhan korban itu kerugian mencapai Rp 1,3 miliar," kata dia.

Azshari menyebutkan, akibat perbuatanta tersebuut tersangka dikenakan pasal 378 dan pasal 372 KUHP dengan ancaman kurungan penjaran maksimal selama 4 tahun.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Firman Taufiqurrahman | Editor : Reni Susanti), TribunJabar.id

https://regional.kompas.com/read/2023/05/12/132500778/arisan-bodong-rp-13-miliar-di-cianjur-pelaku-janjikan-keuntungan-30-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke