Salin Artikel

Viral Video Remaja Ludahi Spanduk Bergambar Mega dan Puan, 5 Pelaku Minta Maaf

Selain itu, mereka juga memukul dan berbicara dengan nada melecehkan spanduk bergambar Sjaichul Hadi, Kepala Desa Boto, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kedua spanduk tersebut dipasang bersebelahan.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Sjaichul mengatakan perbuatan tersebut dilakukan pada Minggu (23/4/2023). "Ada lima anak-anak yang melakukan hal tersebut, mereka ada yang meludahi dan kemudian merekam," jelasnya, Rabu (10/5/2023).

"Kejadiannya di Dusun Jlumpang Desa Jlumpang Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang, itu spanduk ucapan Selamat Idulfitri. Videonya berdurasi sekira 30 detik, tapi kemudian tersebar," kata Sjaichul.

Menurut Sjaichul, setelah video tersebut viral di aplikasi TikTok, dilakukan klarifikasi dengan para remaja tersebut dengan didampingi orangtua yang bersangkutan.

"Mereka minta maaf, telah membuat penyataan minta maaf kepada Ibu Megawati, Ibu Puan, termasuk juga kepada jajaran DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang. Kami juga minta video tersebut dihapus," paparnya.

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening mengungkapkan, persoalan tersebut telah diselesaikan dengan klarifikasi dan pernyataan pelaku.

"Orangtua pelaku juga sudah memohon maaf ke semua pihak, termasuk kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Ngesti Nugraha, dan kami menerima permintaan maaf tersebut," jelasnya.

Menurut Bondan, aksi tersebut dilakukan oleh anak-anak yang masih di bawah umur dengan spontan. "Ini kan bukan aksi pesanan maupun kepentingan politis di sana. Mereka masih belum paham atas apa yang dilakukan, termasuk risiko yang diterima," ungkapnya.

Dia juga meminta orangtua untuk memberi pendampingan terhadap anak, agar selalu berperilaku sopan.

"Itu PR kita semua untuk memberikan pendidikan politik, walaupun ke anak-anak, harus sudah mulai ada pendidikan politik yang sesuai dengan tingkatan usianya," kata Bondan.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/10/191035378/viral-video-remaja-ludahi-spanduk-bergambar-mega-dan-puan-5-pelaku-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke