Salin Artikel

Sultan Brunei Menginap di Bali Saat KTT ASEAN, Polisi Kerahkan 448 Personel

DENPASAR, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Bali menerjunkan 448 personel untuk pengamanan Sultan Brunei Darusaalam Hassanal Bolkiah dan delegasinya di Bali.

Sultan Hassanal dan delegasinya menginap di Bali selama perhelatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

Pengerahan personel tersebut ditandai dengan apel Ops Puri Agung III-2023 yang digelar Markas Polda Bali pada Selasa (9/5/2023).

"Ratusan personel Polda Bali yang tergabung dalam Ops Puri Agung III-2023, ini fokus terhadap pengamanan tamu VVIP Sultan Brunei Darussalam, pesawat beserta kru selama berada di Bali," kata Karo Ops Polda Bali Kombes Nuryanto dalam keterangan tertulis pada Rabu (10/5/2023).

Nuryanto mengatakan, pengerahan pasukan ini juga untuk mengamankan beberapa kepala negara dan delegasi negara ASEAN mendarat atau transit di Bandara I Gusti Ngurah Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo.

Selain itu, para personel ini juga turut mengamankan pesawat dan kru penerbangan para kepala negara ASEAN yang akan parkir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali.

"Hal tersebut, dikarenakan Bandara Komodo di Labuan Bajo memiliki keterbatasan kapasitas parkir pesawat dan tidak mampu menampung seluruh pesawat para kepala negara yang akan menghadiri KTT ASEAN," kata dia.

Adapun fokus wilayah pengamanan adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai, Hotel Grand Hyatt Nusa Dua sebagai penginapan Sultan Hassanal, dan hotel lainnya di Nusa Dua sebagai penginapan kru pesawat.

Nuryanto mengatakan operasi ini tetap mengusung konsep zonasi dan pola ring pengamanan yang akan berkolaborasi baik dengan unsur TNI maupun stakeholder terkait lainnya.

Kendati demikian, ia tetap berpesan agar seluruh personel waspada dan tidak menganggap remeh segala jenis potensi gangguan kejahatan dalam pelaksanaan keamanan kepala negara ASEAN.

"Jajaran intelijen agar tetap melaksanakan monitoring dan deteksi terhadap potensi gangguan yang ada segera laporkan dan jangan sampai timbul gangguan sekecil apapun. Seluruh personel agar mengenali wilayah pengamanan, tetap waspada dan tingkatkan sense of crisis," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/10/085441478/sultan-brunei-menginap-di-bali-saat-ktt-asean-polisi-kerahkan-448-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke