Salin Artikel

3 Pesawat Tempur F-16 Tiba di Kupang untuk Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Tiga unit pesawat tempur itu tiba di Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, NTT, Selasa (9/5/2023) pagi.

Panglima Koops Udara Nasional Marsekal Madya TNI M Tonny Harjono mengatakan, pesawat didatangkan untuk memantau dan mengamankan wilayah udara selama pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo, 9-11 Mei 2023.

Tonny menyebutkan, berdasarkan perintah Panglima TNI, Angkatan Udara menggelar beberapa kekuatan udara untuk mengamankan wilayah udara di sekitar Labuan Bajo.

"Pesawat tempur ada di tiga wilayah yaitu Lanud El Tari dan Madiun digelar masing-masing satu flight F16 dan Makasar satu flight pesawat Sukhoi," ujar Tonny, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (9/5/2023).

Dia mengatakan, di Labuan Bajo disiagakan tiga pesawat Hercules yang berfungsi untuk evakuasi medis maupun personel.

Termasuk, kata Tonny, dua pesawat helikopter VIP, satu Karakel dan satunya dari Basarnas.

Selain itu, lanjut Tonny, Angkatan Udara juga melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang melibatkan dua pesawat C212 yang stand by di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, mengatakan, untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuhan Bajo.

"Skadron Udara 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud, dipimpin oleh Pangkoopsud II," kata Indan.

Dia menambahkan, unsur sergap F-16, terbagi dalam dua homebase, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadud 14, dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadud 3.

Flight pesawat F-16 Skadud 14 dipimpin Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di area Tambolaka.

Unsur Sergap, juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang akan meng-cover area selatan dan timur NTT.

Selain melaksanakan CAP, kata Indan, unsur sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA).

https://regional.kompas.com/read/2023/05/09/133017978/3-pesawat-tempur-f-16-tiba-di-kupang-untuk-amankan-ktt-asean-di-labuan-bajo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke