Salin Artikel

Mahfud MD Akan Pimpin Pertemuan ke-26 Dewan Politik dan Keamanan ASEAN

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Moh Mahfud MD sudah tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (7/5/2023).

Ia ke Labuan Bajo untuk beberapa agenda, salah satunya akan memimpin pertemuan ke-26 Dewan Politik dan Keamanan ASEAN atau ASEAN Political and Security Council (APSC) pada Selasa, 9 Mei 2023.

“Mengenai pertemuan Dewan Politik dan Keamanan ASEAN atau APSC, agenda utama kita adalah membahas kemajuan dan implementasi cetak biru pilar politik dan keamanan ASEAN 2025,” ujar Mahfud MD dalam rilis tertulis yang diperoleh Senin (8/5/2023).

Ia melanjutkan, cetak biru pilar politik dan keamanan ASEAN, bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ASEAN, khususnya terkait isu-isu politik dan keamanan guna mewujudkan masyarakat ASEAN yang aman dan damai.

“Itu sebabnya, kita sekaligus akan melakukan koordinasi seluruh badan sektoral dalam pilar Polkam ASEAN, serta sinkronisasi isu-isu yang bersifat lintas badan sektoral dan lintas pilar masyarakat ASEAN,” katanya.

Ia menyebut, cetak biru pilar politik dan keamanan ASEAN disusun berdasarkan piagam ASEAN dan dokumen ASEAN lainnya yang memuat 290 langkah aksi yang wajib diimplementasikan oleh seluruh negara anggota ASEAN.

Selain memimpin sidang APSC, Menko Polhukam juga akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri KTT ke-42 ASEAN serta menghadiri pertemuan interface dengan ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) pada Rabu, 10 Mei 2023.

Mahfud MD juga terlebih dahulu dijadwalkan akan melakukan peninjauan untuk memastikan pengamanan KTT ke-42 ASEAN dengan agenda antara lain mengunjungi KRI Suharso 990.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/08/153250378/mahfud-md-akan-pimpin-pertemuan-ke-26-dewan-politik-dan-keamanan-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke