Salin Artikel

Satgas Damai Cartenz Tangkap 3 Anggota KKB Diduga Pelaku Pembunuhan Warga Sipil di Dekai

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani menyebutkan, ketiga orang pelaku itu ditangkap bersama enam orang lainnya dalam operasi penggerebekan oleh Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz di salah satu rumah yang diduga tempat persembunyian KKB, Kamis, pukul 03.00 WIT.

Rumah tersebut berlokasi di Jalan Paradiso belakang Kompleks Anggruk, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa dari sembilan orang yang diamankan tersebut, tiga di antaranya adalah pelaku pembunuhan terhadap warga sipil di Jalan Statistik Distrik Dekai, Yahukimo pada Minggu (30/4/2023) lalu,” kata Faizal, dikutip dari Antara, Kamis.

Sembilan orang yang diamankan dalam penggerebekan tersebut, yakni GS, HS, JS, SS, NM, LS, LS, ES, dan SL. Adapun, inisial tiga pelaku pembunuhan tersebut, yakni NM, LS, dan ES.

Faizal menerangkan, ketiga pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan dua warga sipil bernama Yonatan Arruan dan Asri Obet.

Ketiganya diduga menganiaya korban menggunakan senjata tajam. NM, menurut Faizal, diduga menikam korban Asri Obet menggunakan pisau.

Sementara, ES diduga membacok Yonatan Arruan dengan parang.

“Sedangkan tersangka ES juga melakukan pembacokan dengan menggunakan parang ke korban Yonathan,” kata Faizal.

Menurut Faizal, dari hasil penyelidikan, pelaku pembunuhan berjumlah sembilan orang. Ia mengatakan, enam orang lainnya kini masih dalam pengejaran.

Selain itu, Tim Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo terus melakukan pendalaman untuk mengetahui motif pembunuhan.

“Satgas Damai Cartenz terus melakukan pengejaran terhadap enam pelaku lainnya yang sudah diketahui identitasnya,” kata Faizal.

Dalam penggerebekan rumah yang diduga persembunyian KKB, petugas mengamankan barang bukti berupa sejumlah dokumen pribadi, alat elektronik, senjata tajam berupa anak panah, kapak, parang, pisau, gunting, senapan angin, perkakas, dan satu pucuk senjata rakitan.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/05/114218678/satgas-damai-cartenz-tangkap-3-anggota-kkb-diduga-pelaku-pembunuhan-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke