Salin Artikel

Satgas Damai Cartenz Tangkap Kepala Distrik Kenyam karena Diduga Ikut Danai KKB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap Kepala Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, berinisial MM (37), karena diduga terlibat membantu kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

MM diduga merupakan salah satu penyumbang dana bagi KKB yang selama ini berulah di wilayah tersebut.

"Memang benar Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz telah menangkap Kepala Distrik Kenyam di Kenyam," kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (4/5/2023).

Faizal mengatakan, MM ditangkap pada April 2023 dan saat ini telah dibawa ke Mimika, Papua Tengah, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Mengenai keterlibatan MM, Faizal menyebutkan, ada indikasi dia menyuplai amunisi bagi KKB sehingga polisi kemudian menangkapnya.

"Penangkapan terhadap MM dilakukan karena sebelumnya ada indikasi keterlibatan yang bersangkutan dalam membantu mendanai KKB wilayah Nduga untuk pembelian senjata dan amunisi," kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyatakan bahwa ada pejabat pemerintahan yang terindikasi kuat membantu aktivitas kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang beraktivitas di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Hal ini disampaikan ketika ditanya awak media mengenai perkembangan kasus penyanderaan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens.

"Kami akan menyasar siapa pun, baik masyarakat maupun pejabat yang mendukung aktivitas Egianus, akan kita tegakkan hukumnya," ujarnya di Mimika, Minggu (30/4/2023).

"Ada beberapa pejabat yang terlibat selama ini membiayai mereka, ini akan kita tegakkan hukumnya," sambung Fakhiri.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/04/160159978/satgas-damai-cartenz-tangkap-kepala-distrik-kenyam-karena-diduga-ikut-danai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke