Salin Artikel

Jukir Liar Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Tarik Tarif Lebihi Ketentuan, Ganjar: Selalu Ada Begitu

REMBANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengomentari aksi juru parkir (jukir) liar yang menarik parkir pengunjung melebihi ketentuan alias "ngepruk" di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Ganjar menyebut aksi tersebut biasa terjadi terhadap bangunan-bangunan yang baru selesai dibangun ataupun yang sedang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

"Selalu ada yang begitu pada hal-hal baru," ucap Ganjar saat ditemui wartawan di Kompleks Pondok Pesantren Raudhatul Thalibin, Kelurahan Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pada Rabu (3/5/2023).

Menurutnya, keberadaan masjid tersebut harus dapat dikelola dengan baik oleh pihak pengelola.

Sehingga, dengan adanya aksi jukir yang ngepruk biaya parkir pengunjung dapat menjadi pembelajaran bagi pihak pengelola masjid.

"Ini kan lagi menuju pemantapan pengelolaan, setelah kemarin dari Uni Emirat diserahkan, selebihnya harus dikelola dengan baik, ya tidak hanya masjidnya termasuk sekitarnya," terang dia.

Selain itu, banyak hal yang mesti dilakukan oleh pihak pengelola dalam mengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Kan nanti ada Islamic Centrenya yang dibangun, nah ini kesempatan untuk penataan menejemen, termasuk area, parkir tempatnya, tarifnya, ngaturnya siapa yang berhak, ya sekarang mesti dipersiapkan," kata dia.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, tindakan yang dilakukan tim Saber Pungli merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberantas jukir liar di Solo.

Gibran menambahkan penangkapan jukir liar di Kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo buntut dari banyaknya keluhan dari pengunjung soal tarif parkir.

Banyak jukir liar yang menarik tarif parkir melebihi ketentuan. Padahal besaran tarif parkir di Kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sudah ditentukan.

"Keluhannya banyak banget. Tarif parkir sudah ditentukan. Motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000 dan ELF/HI ACE Rp 10.000," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/5/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/05/03/164342978/jukir-liar-masjid-raya-sheikh-zayed-solo-tarik-tarif-lebihi-ketentuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke