Salin Artikel

Tertimbun Longsoran Slag, 2 Karyawan Tewas, Humas PT IMIP: Human Error

MOROWALI, KOMPAS.com - Tertimbun longsoran slag, dua karyawan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) tewas.

PT IMIP berada di Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

Dua korban tewas tertimbun  atas nama Arif asal Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, dan Masriadi asal Sabbang, Sulawesi Selatan.

Slag adalah limbah berbentuk pasir hasil sisa peleburan ore (tanah mengandung nikel) untuk menjadi produk ferronikel. 

Humas PT IMIP, Dedi Kurniawan mengatakan, peristiwa itu terjadi pukul 11.34 Wita, Kamis (27/4/2023), tepatnya saat jam istirahat. 

Seluruh karyawan yang bertugas saat itu kembali ke posko masing-masing untuk istirahat makan siang. 

 

 

Namun sekitar pukul 11.34 Wita, 2 unit dumtruck yang dikendarai 2 korban, Arif dan Masriadi masuk ke areal penampungan slag dan langsung menurunkan muatan slag di lokasi yang tidak seharusnya. 

"Di lokasi slag itu ada titik yang sudah ditetapkan oleh karyawan pengawas dan karyawan checker atau karyawan yang bertugas mencatat masuknya jumlah muatan yang diturunkan di lokasi pempungan slag itu," kata Dedi dihubungi Kompas.com, Jumat (28/4/2023). 

Menurut Dedi, persoalannya, kedua korban menurunkan muatan itu tanpa berkoordinasi dengan karyawan yang ada di sana. Tiba-tiba mereka menurunkan muatan yang berjarak kurang lebih 100 meter dari karyawan yang sedang beristirahat. 

"Jadi di penampungan slag itu tidak sembarangan menurunkan muatan. Ada titik-titik yang sudah ditetapkan. Dan yang mengetahui titik ini adalah pengawas dan karyawan checker, " ujarnya. 

Kejadian ini kemudiaan dilihat oleh pengawas. Mereka lalu berlari mengejar untuk memberi tahu operator dumtruck agar membatalan menurunkan muatan.

Namun terlambat karena operator tidak melihat bendera yang dikibarkan pengawas. Mereka tetap menurunkan proses dumping untuk menurunkan muatan.

"Ini human error. Hingga akhirnya peristiwa itu terjadi," ucap dia.

Saat ini 2 karyawan IMIP yang menjadi korban longsornya slag sudah dibawa ke kampung halamannya masing-masing.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/28/164533878/tertimbunlongsoran-slag-2-karyawan-tewas-humas-pt-imip-human-error

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke