Salin Artikel

Menlu Retno: Presiden Jokowi Pimpin 7 dari 8 Pertemuan di KTT ASEAN

Pimpinan negara-negara ASEAN, lanjut dia, akan menggelar delapan pertemuan pada KTT itu.

Sebanyak tujuh dari agenda pertemuan itu dipimpin Presiden Joko Widodo. Sementara, satu agenda lainnya dipimpin Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

"Total selama dua hari (KTT ASEAN) itu ada delapan pertemuan, tujuh pertemuan di antaranya dipimpin bapak Presiden Jokowi," kata Menteri Retno usai mendampingi Presiden Jokowi melakukan pengecekan terakhir kesiapan Puncak Waringin sebagai Spot Spouse Program KTT ASEAN di Labuan Bajo, Selasa (25/4/2023) siang.

Ia menyebutkan, beberapa pertemuan pimpinan negara ASEAN yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi pada KTT tersebut, di antarana pertemuan dengan parlemen; pertemuan dengan pemuda; pertemuan dengan pebisnis; dan pertemuan dengan high level task force yang akan mempersiapkan visi ASEAN 2045.

Selain itu, ada IMT-GT Summit, yakni pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle.

Sementara pertemuan yang dipimpin Perdana Menteri Malaysia, lanjut dia, yakni BIMP-EAGA Summit, yakni pertemuan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina dalam East ASEAN Growth Area.

Pertemuan itu dipimpin Perdana Menteri Malaysia karena pemimpin pertemuan itu dilakukan secara rotasi.

"Dan tahun ini adalah giliran Malaysia untuk memimpin pertemuan," ujar Retno.

Ia menambahkan, KTT ASEAN di Labuan Bajo tak hanya dihadiri pimpinan negara-negara ASEAN, tetapi juga kalangan pebisnis hingga anggota Parlemen.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/26/063305478/menlu-retno-presiden-jokowi-pimpin-7-dari-8-pertemuan-di-ktt-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke