Salin Artikel

Jemaah Muhammadiyah di Kepri Pastikan 1 Syawal pada Jumat 21 April 2023, Shalat Id Digelar di 4 Titik

Dengan demikian, jemaah Muhammadiyah menggelar shalat Idul Fitri, Jumat (21/4/2023).

"Alhamdulillah besok sudah 1 Syawal 1444 hijriah dan besok seluruh Jemaah Muhammadiyah di Kepri menggelar Shalat Id," kata Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Kepri, Suyono melalui telepon, pada Kamis (20/4/2023).

Suyono mengatakan, untuk Shalat Id di Kepri dipusatkan di empat lokasi yang tersebar di empat daerah di Kepri, yakni di Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

Suyono menuturkan, untuk di Batam, pelaksana Shalat Idul Fitri akan diselenggarakan di lapangan Tumenggung Abdul Jamal.

Sementara, Tanjungpinang rencana akan digelar di Kauman Muhammadiyah yang berada di Jalan Raja Haji Fisabilillah kilometer 8 Tanjungpinang.

"Untuk Kabupaten Bintan digelar di halaman SMK Muhammadiyah Bintan Utara dan Kabupaten Karimun digelar di Lapangan Coastal Area," terang Suyono.

"Di Batam diperkirakan akan dihadiri 5.000 jemaah sedangkan Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun diperkirakan dihadiri lebih dari 1.000-an jemaah," tambah Suyono.

Suyono melanjutkan, untuk waktu pelaksanaan, pihaknya mengacu pada keputusan PP pusat Muhammadiyah yakini tanggal 21 April 2023.

"Terkait nantinya, kalau ada perbedaan penyelenggaraan, itu bagian dari rahmat," terang Suyono.

Senada juga diungkapkan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Batam, Shabirun Husnum mengatakan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah dipusatkan di Stadion Temenggung Abdul Jamal pada Jumat 21 April 2023.


"Di Batam kami pusatkan di Stadion Temenggung Abdul Jamal, hal ini biar terlihat lebih kompak," kata Shabirun yang dihubungi melalui telepon.

Ia menambahkan, pelaksanaan Shalat Id tahun ini seyogyanya dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB.

Namun, pihaknya tetap menunggu jemaah muhammadiyah yang memang domisilinya jauh, seperti Tanjunguncang Batuaji.

"Sesuai jadwal akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, mungkin lebih lambat sedikit, karena juga menunggu jamaah dari seluruh Batam datang dulu ke lokasi shalatnya," terang Shabirun.

Untuk di Batam, Shabirun memperkirakan sebanyak 5.000 jamaah Muhammadiyah akan mengikuti pelaksanaan Shalat Id pada tahun ini.

"Kami perkirakan 5.000 jemaah, sesuai data tahun lalu," pungkas Shabirun.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/20/180403578/jemaah-muhammadiyah-di-kepri-pastikan-1-syawal-pada-jumat-21-april-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke