Salin Artikel

Nenek Asal Lombok Timur Tepergok Mencopet di Pasar Mataram, Mengaku untuk Beli Baju Lebaran

MATARAM, KOMPAS.com - Seorang nenek inisial SM (50), warga Montong Baan, Kecamatan Terara, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), nyaris diamuk massa di Pasar Sayang-Sayang, Cakranegara, Kota Mataram, karena kedapatan mencopet pada Selasa (18/4/2023).

SM tepergok mencuri dompet milik korban Sripa Wahidah (58), warga Dusun Buwun, Desa Mambalan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Sandubaya Kompol Mohammad Nasrullah mengatakan, insiden itu terjadi sekitar pukul 9.00 Wita. Terduga pelaku SM menjalankan aksinya sendirian dengan berpura-pura menjadi pembeli.

"Awalnya itu korban sedang belanja buah-buahan dan pelaku mendekati korban,” kata Nasrullah melalui sambungan telepon, Rabu (19/4/2203).

Saat korban tengah sibuk berbelanja, pelaku mengambil kesempatan untuk mencopet dengan modus ikut belanja di samping korban yang sedang duduk memilih buah pisang.

"Kemudian terduga mengambil tas kecil di dalam tas kresek yang dibawa oleh korban," kata Nasrullah.

Seketika itu, korban mengetahui dompetnya hilang saat akan membayar, sementara saat itu terduga pelaku yang berada di samping korban sudah melarikan diri.

"Pas mengatahui tas kecilnya tidak ada korban berusaha mengejar terduga yang sempat berada di samping korban dan berhasil diamankan," katanya.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 300.000 dan melaporkan hal tersebut ke Polsek Sandubaya.

Saat itu, terduga pelaku nyaris diamuk massa. Gambar terkait kejadian itu lantas viral di media sosial.

Berdasarkan pengakuannya, kata Nasrullah, nenek itu nekat mencopet demi memenuhi kebutuhan baju Lebaran untuk cucu-cucunya. Sebab, keenam cucunya belum mendapatkan baju Lebaran.

"Benar dia punya enam cucu. Modusnya, untuk belikan mereka baju Lebaran. Ini kan hanya pengakuan dia," katanya.

Terduga pelaku saat ini sudah ditahan bersama barang bukti tas kecil warna hitam yang berisi uang tunai Rp 300.000, satu tas warna coklat dan satu buah HP nokia warna hitam.

"Pelaku sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sudah kita amankan di kantor untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Nasrullah.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/19/125649778/nenek-asal-lombok-timur-tepergok-mencopet-di-pasar-mataram-mengaku-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke