Salin Artikel

Mobil Tangki Air Tabrak Truk Pelabuhan akibat Rem Tak Berfungsi, Sopir Tergencet Dasbor Mobil

Peristiwa tabrakan yang terjadi tepat di depan Kantor Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Tunon Taka, di Jalan Tien Soeharto, Nunukan, Kalimantan Utara, yang terjadi Senin (17/4/2023), mengagetkan petugas Polisi.

Mereka langsung menyeberang jalan, mencoba mengatur lalu lintas, sekaligus membantu menetralisir keadaan.

Kapolsek KSKP Nunukan, Ipda Rianto mengatakan, benturan yang terjadi, mengakibatkan bagian depan mobil tangki air yang dikendarai Mustapa ringsek. Dan kaca depan, pecah berantakan.

"Karena bagian depan ringsek, dasbor mobil menghimpit tubuh sopirnya. Dia tergencet dan tidak bisa ke mana-mana," ujar Rianto, Selasa (18/4/2023).

Melihat kondisi supir yang terjepit, Polisi lalu menghentikan sejumlah truk yang banyak melintas, untuk menanyakan apakah mereka membawa tambang.

Tambang tersebut, akan digunakan untuk menarik bodi mobil yang penyok dan untuk menyelamatkan sopir dari keadaan terjepitnya.

Kebetulan, jalur yang menjadi lokasi laka lantas tersebut, merupakan jalur utama menuju pelabuhan Tunon Taka, Nunukan.

"Tidak ada truk yang membawa tambang, kita mencarinya lumayan lama. Setelah dapat, kita ikatkan tali disangkutan bodi mobil yang ringsek dan ditarik beramai ramai. Alhamdulillah, bodi ringsek bisa diminimalisir dan sopir selamat," jelasnya.

Kedua supir, Mustapa dan supir truk hijau, Jemi, sepakat berdamai dan tidak memperpanjang urusan. Meski bak belakang truk hijau tertabrak, namun tidak mengalami kerusakan berarti.

Berbeda dengan kondisi mobil tanki air yang mengalami kerusakan parah di bagian depan.

Selain itu, Polisi dan warga sekitar harus membuang muatan air dalam tanki, untuk bisa mendorong mobil ke pinggir jalan agar tidak mengganggu jalur lalu lintas.

"Kedua mobil tadinya melaju beriringan depan belakang menuju arah pelabuhan. Sopir truk hijau memperlambat laju kendaraan karena ada belokan dan terdapat seorang penjual. Mobil tangki juga sudah coba mengerem, namun karena muatannya terlalu berat, rem tidak berfungsi dan benturan terjadi," kata Rianto.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/18/132713878/mobil-tangki-air-tabrak-truk-pelabuhan-akibat-rem-tak-berfungsi-sopir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke