Salin Artikel

Dishub NTB Siapkan Bus Mudik Gratis Lombok-Sumbawa, Prioritas bagi Mahasiswa

MATARAM, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyediakan bus gratis bagi para pemudik dari Pulau Lombok menuju Pulau Sumbawa.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Moh Faozal mengatakan, pihaknya menyediakan bus gratis untuk melayani dan membantu masyarakat mengurangi beban biaya untuk mudik ke kampung halaman dari Pulau Lombok menuju kabupaten dan kota yang ada di Pulau Sumbawa.

Faizal menjelaskan, armada bus yang disediakan sebanyak 6 unit. Bus itu siap mengantar para pemudik sampai ke daerah tujuan.

"Ada dua bus ke Kabupaten Bima, satu ke Kabupaten Dompu, tiga bus ke Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat," kata Faozal.

Disampaikan Faozal, bus tersebut bisa ditumpangi masyarakat, namun diprioritaskan bagi mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Kota Mataram.

"Untuk target 160 untuk mahasiswa prioritas, masyarakat umum juga bisa. Bus ini hanya gratis satu hari di tanggal 19 April nanti," kata Faozal.

Warga yang berminat dengan angkutan mudik gratis ini diminta untuk mendaftarkan diri ke Kantor Dishub NTB dengan membawa KTP.

Sebelumnya, Dishub NTB memperkirakan pergerakan warga yang akan melakukan perjalanan mudik dan libur Lebaran tahun ini akan tembus hingga 2 juta orang.

Angka tersebut bertambah dai tahun sebelumnya mengingat pemerintah sudah tidak membatasi pergerakan masyarakat.

“Kita melakukan kalkulasi proyeksi eksisting pergerakan orang di masa libur, atau sebelum  masa libur Lebaran, pergerakan pemudik di NTB itu di angka 40 persen atau di angka 2 juta orang,“ kata Faozal.

“Dan itu akan menggunakan tranportasi, baik laut, darat maupun udara. Oleh karena itu, Pemerintah NTB melalui Dishub melakukan upaya ketersediaan transportasi ini, baik darat, laut dan udara,” kata Faozal.

Untuk pergerakan laut, pihaknya telah menyediakan kapal di berbagai titik simpul arus penyeberangan, baik dari Jawa, Bali menuju Pelabuhan Lembar Lombok Barat, maupun penyeberangan antarkabupaten di NTB yang berada di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur dan Poto Tano, Sumbawa.

“Pergerakan kapal baik dari Bali dan Jawa itu sudah cukup mengangkut masyarakat NTB. Dari Pelabuhan Tanjung Perak sudah ada 4 kapal, kemudian dari Ketapang bergerak sudah ada 8 kapal. Dari Padang Bae sudah ada 24 kapal, Kayangan Poto Tano sudah 28 kapal. Jadi dari laut kita pastikan transportasi laut ini sudah akan siap pergerakan mudik,” kata Faozal.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/17/095212078/dishub-ntb-siapkan-bus-mudik-gratis-lombok-sumbawa-prioritas-bagi-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke