Salin Artikel

Oro-oro Kesongo Blora Kembali Erupsi, Mirip Air Mendidih, Warga: Bencana

BLORA, KOMPAS.com - Oro-oro Kesongo yang terletak di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, kembali erupsi pada Jumat (14/4/2023) sore.

"Iya kembali bledos (meletus)," ucap salah seorang perangkat desa setempat, Suranto saat dikonfirmasi Kompas.com, pada Jumat (14/4/2023).

Sementara dalam video berdurasi sekitar dua menit yang tersebar di media sosial, Oro-oro Kesongo beberapa kali meletus seperti air yang sedang mendidih.

"Bencana," ujar seseorang yang suaranya terekam dalam video tersebut.

Warga yang suaranya terekam dalam video tersebut juga seolah kaget dengan peristiwa erupsi kawah Kesongo itu.

"Walah kae teko endi-endi, lemahe, koyok ngono lemahe mencare (waduh, itu sampai kemana-mana tanahnya, seperti gitu tanahnya bermuncratan)," kata dia.

Sekedar diketahui, Oro-oro Kesongo juga sempat meletus pada Selasa (11/4/2023) dan Rabu (12/4/2023) lalu.

Tapi sempat berhenti meletus pada Kamis (13/4/2023) kemarin.

Setidaknya ada seorang warga yang tewas dan seorang lainnya masih dalam perawatan akibat diduga menghirup gas beracun yang terkandung dalam kawah tersebut.

Bahkan, untuk menghindari adanya korban tersebut, pihak kepolisian telah memasang spanduk dan melarang warga masyarakat untuk beraktivitas di sekitar area Oro-oro Kesongo.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/14/200835878/oro-oro-kesongo-blora-kembali-erupsi-mirip-air-mendidih-warga-bencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke