Salin Artikel

Soal Kritik Tiktoker Bima terhadap Pembangunan di Lampung, Harusnya Pemprov Lakukan Evaluasi

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Lampung (Unila) Dedy Hermawan menilai, kritik yang dilontarkan Bima sudah lengkap dan objektif.

"Pembangunan di Provinsi Lampung memang sangat bermasalah pada aspek-aspek tersebut, seperti infrastruktur, Kota Baru, pendidikan, birokrasi, dan ekonomi," kata Dedy dalam wawancara tertulis, Kamis (13/4/2023) malam.

Dedy melihat kepemimpinan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan jajaran birokrasinya saat ini tidak menghasilkan perbaikan signifikan atas aspek-aspek pembangunan tersebut.

"Masalah-masalah yang sama seperti buruknya infrastruktur, pembangunan Kota Baru yang mangkrak, tidak jauh berbeda dengan kinerja gubernur sebelumnya," kata Dedy.

Dedy menilai, Lampung membutuhkan pemimpin yang berani, berintegritas, kompeten, kreatif, dan progresif, untuk mengatasi keluhan-keluhan seperti yang disampaikan Tiktoker tersebut.

"Ini yang dibutuhkan masyarakat dan daerah Lampung, butuh kepemimpinan yang memiliki keberanian mendobrak stagnasi kinerja pembangunan di Lampung," kata Dedy.

"Jika ingin meninggalkan torehan yang dikenang masyarakat Lampung, segera evaluasi menyeluruh kinerja seluruh jajaran," kata Dedy menambahkan.

Gubernur juga diharapkan memantau semua program pembangunan di Lampung.

"Pantau secara total perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Pastikan seluruh program, kegiatan, dan anggaran teraktualisasi secara tepat," kata Dedy.

Sebelumnya diberitakan, akun TikTok @awbimaxreborn menjadi viral setelah mengkritik kondisi sejumlah sektor di Lampung.

Beberapa sektor yang dikritik di antaranya terkait infrastruktur, proyek Kota Baru, pendidikan, tata kelola birokrasi, pertanian, dan tingkat kriminalitas.

Pemilik akun bernama Bima Yudho Saputro itu menyebut infrastruktur di Lampung banyak yang rusak.

Lalu proyek Kota Baru juga disebut mangkrak sejak lama. Akun ini juga menyebut pendidikan di Lampung tidak merata, hingga ketergantungan akan pertanian.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/14/091310878/soal-kritik-tiktoker-bima-terhadap-pembangunan-di-lampung-harusnya-pemprov

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke