Salin Artikel

H-10 Lebaran, Terminal Tirtonadi Solo Mengalami Peningkatan Aktivitas hingga 339 Persen

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi Bandiyono mengatakan, aktivitas ini terhitung sejak Kamis, 12 April 2023, dengan intensitas, bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Dengan rinciannya, data perbandingan pada tahun 2022 penumpang AKAP naik, yang sebelumnya terdapat 1.247 penumpang naik menjadi 4.122, dengan presentasi kenaikan 231 persen.

Kemudian, penumpang AKDP mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun lalu, 579 penumpang, menjadi 2.541 penumpang. Sehingga, angka kenaikan, menjadi 339 persen.

"Jika kita bandingkan dengan tahun 2022 kemarin jumlah kedatangan meningkat signifikan," jelas Bandiyono Kamis (13/4/2023).

Adanya kenaikan aktivitas di Terminal Tirtonadi, pada H-10, Bandi mengatakan hal tersebut belum termasuk dalam kategori pemudik.

"Kebanyakan masih lokal saja, belum ada dari Jabodetabek," ungkapnya.

Lanjut Bandi, pihaknya memprediksi kedatangan pemudik di Tirtonadi Solo berkisar tanggal 19 hingga 21 April 2023.

Untuk menyambut pemudik, Terminal Tirtonadi telah menyiapkan lokasi parkir untuk kategori mudik gratis hingga tempat parkir sepeda motor sementara.

"Tentu kita siapkan khusus agar ruang parkir bus mudik yang tidak mengganggu yang reguler. Lalu untuk pengiriman sepeda motor atau barang-barang akan didrop lantai 1 dan untuk penyimpanan di lantai 2," terang Bandiyono.

"Jika pemudik datang dahulu bisa menunggu motor datang. Bisa memantau kendaraannya sampai mana juga, karena ada petugas khusus yang update pengiriman motor. Selain itu kita juga sediakan ruang parkir khusus di lantai 2 area sport hal Tirtonadi untuk sementara waktu," tutup Bandiyono.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/13/154834778/h-10-lebaran-terminal-tirtonadi-solo-mengalami-peningkatan-aktivitas-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke