Salin Artikel

Hampir 1.000 Orang Pengungsi Rohingya Ditampung di Pekanbaru

Beberapa hari lalu, sebanyak 191 pengungsi Rohingya ditampung di Pekanbaru. Sebelumnya mereka ditampung di Aceh.

Hari ini, Selasa (11/4/2023), Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Riau Muhammad Jahari Sitepu meninjau lokasi penampungan pengungsi Rohingya.

"Tujuan kunjungan kita ke tempat penampungan ini, adalah untuk memantau langsung fungsi pendataan dokumen Keimigrasian yang dilakukan oleh Rudenim Pekanbaru terhadap 191 orang pengungsi Rohingya yang baru saja tiba di Pekanbaru pada beberapa hari lalu," kata Jahari kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Selasa.

Dia mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari luar negeri, menyebutkan bahwa Kementerian Hukum dan Ham melalui Rudenim berada di posisi pendataan dan pengawasan dokumen Keimigrasian.

Sebanyak 191 pengungsi Rohingya yang baru tiba di Pekanbaru, kata Jahari, ditempatkan di tujuh rumah penampungan.

"Dengan datangnya 191 pengungsi Rohingya dari Provinsi Aceh, total pengungsi Rohingya di Pekanbaru menjadi 982 orang," sebut Jahari.

Dia menambahkan, para pencari suaka ini sementara waktu ditempatkan di Pekanbaru, sambil menunggu diberangkatkan ke negara ketiga apabila nanti disetujui.


Saat mengunjungi rumah penampungan, Jahari Sitepu memantau petugas Rudenim Pekanbaru yang sedang memeriksa dan mendata pengungsi terhadap segala dokumen perjalanan, identitas pengungsi, serta status keimigrasiannya.

Ia juga berinteraksi langsung dengan para pengungsi Rohingya tersebut.

"Rudenim Pekanbaru harus melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab yang sesuai dengan tugas dan kewenangan yang telah ditetapkan," kata Jahari.

Selain itu, dia juga meminta Rudenim harus ikut aktif terlibat dan bekerjasama dengan instansi terkait yang sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing–masing.

"Sehingga segala permasalahan yang mungkin akan timbul dapat diatasi dengan baik," kata Jahari.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/11/204932078/hampir-1000-orang-pengungsi-rohingya-ditampung-di-pekanbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke