Salin Artikel

Pria Ini Rancang Mobil 3 Bulan untuk Curi Kabel Telkom, Berakhir Diamuk Massa

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Seorang pemuda asal Kota Mataram, TD (22) ditangkap Unit Reskrim Polsek Lembar atas kasus pencurian tiang kabel milik PT Telkom di Desa Mareje Lombok Barat.

Pelaku ditangkap polisi setelah aksi pencurian tiang besi diketahui warga dan sempat diamuk massa pada Rabu (29/3/2023) lalu.

Kapolsek Lembar Iptu I Ketut Suriarta menerangkan, modus pelaku mencuri tiang kabel adalah memodifikasi mobil yang di dalamnya tersedia alat pemotong besi.

"Jadi pelaku ini cerdik, dia memodifikasi alat menggabungkan tabung oksigen, tabung mini gas dan blender besi. Cara kerjanya alat ini menyemburkan api untuk melelehkan besi, sehingga menjadi terpotong," kata Suriarta dalam jumpa pers, Rabu (5/4/2023).

Alat yang digaungkan pelaku tersebut terbilang canggih karena tidak menimbulkan suara bising saat memotong besi dengan api.

Setelah tiang besi Telkom terpotong menjadi dua bagian, kemudian dimasukkan ke mobil sedan yang sebelumnya telah dimodifikasi.

"Jadi tiang besi ini dia potong jadi dua bagian, dimasukkan ke dalam mobil. Maksimal mobilnya berisi 6 tiang yang sudah terpotong," kata Suriarta.

Suriarta mengungkapkan, pelaku menjalankan aksinya bersama satu rekannya berinisial F.

Namun F bisa kabur menghindari amukan warga dengan mobil serupa yang sudah dimodifikasi untuk mencuri.

Sementara itum TD mengaku merancang mobil untuk pencurian tersebut selama 3 bulan, kemudian melakukan aksi di beberapa lokasi.

"Saya kerja jadi mekanik motor, jadi saya modifikasi alat-alat dalam mobil selama 3 buluan, belajar otodidak untuk rakit," kata TD ditanya media.

Ia mengaku mencuri satu tiang listrik hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk memotongnya. Sementara untuk sekali aksi ia bisa mencuri 6 tiang.

"Kalau sekali beraksi biasanya dapat 6 tiang, kita potong jadi dua supaya muat di dalam mobil," kata TD.

Dia mengaku di wilayah Lembar sudah 3 kali mencuri. Sementara di Kecamatan Gerung, Lombok Barat, sudah beberapa kali.

"Untuk satu kilo besi, dihargai 5 ribu rupiah, biasanya kalau 6 tiang di sekitar 1 juta lah, kita jual di wilayah Mataram," kata TD.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/05/200353178/pria-ini-rancang-mobil-3-bulan-untuk-curi-kabel-telkom-berakhir-diamuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke