Salin Artikel

Rangkaian Ibadah Paskah di Kota Solo, Polisi Akan Sterilisasi Ratusan Gereja, Ribuan Personel Dikerahkan

Jumlah gereja di Kota Bengawan, yang akan mengelar ibadah mulai Kamis Putih, sebanyak 267 gereja. Terbagi menjadi, 16 gereja masuk prioritas satu, 43 gereja masuk kategori prioritas dua, dan 208 gereja masuk prioritas tiga.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan pembagian pioritas pengamanan disesuaikan dengan jumlah jemaat gereja tersebut.

Pola pengamanan sepaket pengaturan lalu lintas dengan mengedepankan humanis dan senyum, sapa salam kepada jemaat, dengan menerjunkan 1.018 personel, seperti halnya pada saat perayaan Natal 2022.

"Dalam hal pengamanannya kita akan tempatkan personel langsung Insert di gereja-gereja tersebut dan nanti kita akan langsung cek pelaksanaannya," kata Iwan Saktiadi di Mapolresta Solo, Rabu (5/4/2023).

Lanjut Kapolresta, dimungkinkan penambahan personel akan dilaksanakan melihat situasi dan kondisi jika adanya peningkatan jemaat melakukan ibadah.

Kemudian untuk sterilisasi, akan melibatkan seluruh personel dari Tim Penjinakan Bom (Jibom) Brimob Batalyon C Pelopor Polda Jateng dan anjing pelacak atau unit K-9.

"Kita aparat keamanan TNI Polri yang bekerjasama dengan yang lain secara aktif memberikan pelayanan untuk menjamin keamanan perayaan ibadah paskah di kota Surakarta," jelasnya.

Terkait serangkaian ibadah Paskah, berbarengan dengan bulan Ramadhan. Iwan menambahkan, pengamanan akan tetap diberlakukan secara merata. Baik itu, di lingkungan gereja, masjid hingga fasilitas umum lainnya.

"Untuk perayaan Paskah tahun ini berbarengan dengan bulan Ramadhan, namun sudah kita ketahui bersama toleransi antar umat beragama di kota Surakarta cukup tinggi jadi tidak ada masalah apabila perayaan paskah dalam bulan Ramadhan," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/05/151255078/rangkaian-ibadah-paskah-di-kota-solo-polisi-akan-sterilisasi-ratusan-gereja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke