Salin Artikel

Belum 24 Jam Dibuka, Kuota Mudik Gratis Pemprov Banten Sudah Habis

Padahal, pembukaan pendaftaran mudik gratis baru dimulai pada Senin (3/4/2023) pukul 00.00 WIB secara online melalui http://dishub.bantenprov.go.id/.

Namun, belum juga sehari dibuka, 900 kursi yang disediakan sudah ludes dipesan masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya.

"Belum 24 jam sejak dibuka pendaftaran pukul 00.00 WIB sudah full ke semua daerah. Terakhir yang masih tersisa itu tujuan ke Garut," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo kepada wartawan di kantornya. Senin.

Menurut Tri, banyaknya masyarakat Banten yang berminat mengikuti program mudik gratis sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, masifnya publikasi dan sosialisasi yang dilakukan.

Adapun daerah tujuan pulang kampung paling diminati yakni ke daerah Jawa Tengah seperti Brebes, Banyumas, Magelang, Semarang, Solo.

Selain itu, peminat atau tujuan yang paling cepat habis yakni Yogyakarta dan Jawa Barat seperti Tasikmalaya dan Cirebon serta Provinsi Lampung

"Yang paling pertama habis itu ke daerah Jawa Tengah, belum satu jam dibuka langsung full," ujar Tri.

Meski begitu, lanjut Tri, Dishub Banten pada 13 April 2023 mendatang melakukan verifikasi ulang dokumen seperti KTP, STNK kendaraan roda dua.

Jika memenuhi persyaratan dan lolos verifikasi, calon pemudik akan diberangkatkan menggunakan 20 armada bus ke daerah tujuan pada 17 April 202e pukul 11.00 WIB.

Untum titik keberangkatan di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang.

"Nanti pemudik akan diberikan kaos, snack dan makanan untuk buka puasa," kata Tri.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/231536978/belum-24-jam-dibuka-kuota-mudik-gratis-pemprov-banten-sudah-habis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke