Salin Artikel

Rabu Malam, Gunung Semeru Semburkan Guguran Lava Pijar Sejauh 2,5 Kilometer

Guguran lava pijar dengan jarak luncur 2,5 kilometer atau 2.500 meter terjadi pada pukul 18.35 WIB dan mengarah ke Besuk Kobokan.

"Teramati guguran lava pijar dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah Besuk Kobokan," kata Petugas Pos Pantau Gunung Api Semeru Ghufron Alwi, Kamis (30/3/2023).

Selain itu, laporan periodik Pos Pantau Gunung Api Semeru juga mencatat, terdapat tiga kali letusan asap dengan ketinggian kolom asap antara 200-700 meter.

"Teramati tiga kali letusan tinggi asap 200 - 700 meter. Warna asap putih kelabu condong ke utara-timur laut," lanjutnya.

Dalam periode pengamatan pukul 18.00-24.00 WIB, petugas pos pantau di Gunung Sawur juga mendengar suara gemuruh letusan sebanyak lima kali.

Sementara, aktivitas kegempaan yang terekam seismograf menunjukkan, terdapat 22 kali gempa letusan dengan amplitudo maksimal 16 - 24 milimeter.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengimbau, warga yang berada di sekitar lereng Gunung Semeru untuk tetap menjaga kewaspadaannya.

Sebab, risiko dampak primer berupa awan panas guguran (APG) dan dampak sekunder berupa banjir lahar dingin bisa terjadi sewaktu-waktu.

Patria meminta, warga untuk tidak berada pada radius 13 kilometer dari puncak di sepanjang jalur aliran lahar sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Resiko bencana itu masih ada mengingat status Gunung Semeru masih level III (Siaga). Oleh karenanya kami imbau warga untuk tetap waspada dan ikuti arahan petugas serta rekomendasi radius aman yang telah ditetapkan," imbau Patria.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/30/075623078/rabu-malam-gunung-semeru-semburkan-guguran-lava-pijar-sejauh-25-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke