Salin Artikel

Detik-detik Ledakan Bahan Petasan di Magelang, Amin Rasakan Getaran Kencang: Seperti Gempa

KOMPAS.com - Ledakan menggelegar di Dusun Junjungan, Desa Giriwarno, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (26/3/2023) sekitar pukul 20.10 WIB.

Bunyi ledakan keras itu bersumber dari rumah seorang warga bernama Mufid (33). Ledakan tersebut diduga dipicu oleh bahan petasan yang diracik Mufid.

Salah satu warga, Amin Fahrudin (68), menceritakan detik-detik terjadinya ledakan.

Ketika peristiwa itu terjadi, Amin dan keluarga sedang menjalankan shalat Tarawih di masjid. Pada saat ledakan, Amin merasakan getaran kencang.

"Saat itu saya dan keluarga masih berada di masjid untuk shalat Tarawih. Jadi, kejadian masih melaksanakan shalat. Iya, sempat terasa getaran seperti gempa bumi," ujarnya, dikutip dari Tribun Jogja.

Meski mendengar ledakan, Amin dan keluarga tetap melanjutkan shalat hingga selesai. Setiba di rumah, Amin kaget lantaran rumahnya rusak terkena ledakan.

"Lalu, pulang ke rumah sudah mendapati rumah rusak yaitu bagian depan rumah, atapnya roboh, dinding juga runtuh," ucap pria yang tinggal di depan rumah Mufid.

Amin mengatakan, tidak ada anggota keluarganya yang menjadi korban ledakan karena saat itu sedang shalat berjemaah di masjid.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Magelang Kombes Pol Ruruh Wicaksono menjelaskan, terdapat satu korban jiwa dalam kejadian ini, yakni Mufid.

"Sebelum kejadian, korban naik ke lantai 2 (rumahnya) kemudian terjadi ledakan tersebut," ungkapnya, Minggu.


Peristiwa itu juga membuat tiga orang terluka. Ketiga korban, yakni Nurhayah (41), Naela Janur (17), dan Nailatul (18), telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Korban luka adalah tetangga kanan kiri rumah korban yang meninggal dunia," tuturnya.

Ledakan juga mengakibatkan lima rumah rusak berat, dan enam unit rusak ringan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy menerangkan, berdasarkan dugaan sementara, ledakan maut itu disebabkan petasan atau mercon.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana; Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor: Ardi Priyatno Utomo, Dita Angga Rusiana)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Kesaksian Warga soal Ledakan di Kaliangkrik Magelang, Getarannya Seperti Gempa Bumi

https://regional.kompas.com/read/2023/03/27/162400778/detik-detik-ledakan-bahan-petasan-di-magelang-amin-rasakan-getaran-kencang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke