Salin Artikel

Mahasiswa UNS Meninggal Usai Terjatuh di Goa Braholo Gunungkidul Dibawa Pulang ke Tegal

Jenazah mahasiswa angkatan 2021 tiba di Tegal, Jawa Tengah pada Senin (27/3/2023) sekitar pukul 07.00 WIB.

"Sudah dibawa pulang ke Tegal. Jadi kemarin sore itu (jenazah Noval) dari TKP sampai ke RSUD Wonosari sekitar pukul 19.00 WIB. Kemudian pukul 20.00 WIB dimandikan. Kemudian disucikan. Pukul 01.00 WIB keluarganya datang. Kemudian pukul 02.00 WIB berangkat ke Tegal. Sekitar pukul 07.00 WIB sudah sampai Tegal," kata Pembina Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) PMPA Vagus Fakultas Kedokteran UNS Solo, Andri Putranto dihubungi Kompas.com, Senin.

Menurut dia, almarhum bersama mahasiswa lainnya ke Gua Braholo, Gunungkidul, Yogyakarta dalam rangka survei kegiatan Mapala PMPA Vagus Fakultas Kedokteran.

"Adik-adik itu dalam rangka survei lokasi untuk kegiatan yang sebenarnya. Jadi belum kegiatan resmi. Jadi ini tim pendahulu untuk mensurvei lokasi-lokasi yang akan dipakai nantinya," ungkap dia.

Andri menambahkan, ada tiga tim yang melakukan survei kegiatan Mapala. Masing-masing ada yang survei di wilayah Mongkrang, Pantai Siung dan Goa Braholo. Survei dilakukan untuk kegiatan lanjutan Mapala PMPA Vagus Fakultas Kedokteran UNS.

Adapun rencana kegiatan lanjutan Mapala PMAP Vagus Fakultas Kedokteran ini akan dilaksanakan pada Juni 2023.

"Rencananya (kegiatan lanjutan) Juni 2023. Jadi memang baru survei-survei lokasi gitu," jelas dia.

Dikatakan Andri, survei kegiatan lanjutan Mapala Fakultas Kedokteran di Goa Braholo karena lokasinya sudah sering dipakai untuk kegiatan caving (susur) goa.

"Banyak Mapala-mapala susur goa di sana (Goa Braholo). (Gua Braholo) sudah terbiasa untuk kegiatan susur gua," jelas Andri.

Diberitakan sebelumnya, Noval Bachrul Ulum (22), mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yang jatuh ke Luweng atau Gua Braholo, Gunungkidul, Yogyakarta, Minggu (26/3/2023), ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Iya sudah terevakuasi meninggal dunia. Saat ini jenazah di RSUD Wonosari," kata Kepala Seksi Humas Polres Gunungkidul Iptu Suranto, Minggu.

Sementara Humas Basarnas Kantor Yogyakarta Pipit Eriyanto menambahkan korban ditemukan dan diangkat im SAR Gabungan sekitar pukul 16.30 WIB. 

Sebelumnya, Noval Bachrul Alam, bersama lima rekannya berangkat dari UNS Solo tiba di Gua Brahoro pukul 09.00 WIB.

Mereka yang merupakan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) PMPA Vagus Fakultas Kedokteran UNS akan menjalani kegiatan pecinta alam.

Setibanya di Braholo, korban kedua orang temannya memasang tali safety di atas tebing.

Setelah selesai memasang tali, korban mencari titik anchor untuk mengikatkan tali yang berfungsi untuk menuruni gua.

Sesaat kemudian korban menemukan titik yang akan digunakan sebagai anchor dan mengikatkan tali di batu. 

"Pada saat korban akan menaruh bantalan tali, tiba-tiba terjatuh terglincir. Korban berteriak dan tertahan oleh tali safety namun batu yang digunakan untuk tali safety tidak kuat dan hancur yang mengakibatkan korban terjatuh ke dasar gua," kata Suranto.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/27/091805578/mahasiswa-uns-meninggal-usai-terjatuh-di-goa-braholo-gunungkidul-dibawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke