Salin Artikel

20.000 Warga Antusias Ikuti Shalat Tarawih di Masjid Raya Sheikh Zayed

Ribuan warga ini berasal dari berbagai daerah yang telah berbondong-bondong mendatangi masjid, sejak sore hari.

Asisten Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Bagus Sigit Setiawan mengatakan, shalat tarawih pertama, dipimpin imam asal Indonesia, yakni Penghulu Tafsir Anom Keraton Solo, Muhtarom, 23 rakaat dengan bacaan surah di Juz Amma atau juz 30.

"(Jumlah Jamaah) Biasanya kalau 10.000 itu tengah, 8.000 kalau di luar. Ya hampir 20.000. Di selasar full itu sekitar 10.000," kata Bagus Sigit Setiawan, setelah pelaksanaan shalat tarawih.

Lanjutnya, pelaksanaan shalat tarawih, selanjutnya, secara bergantian diimami, imam dari Indonesia dan satunya lagi dari Uni Emirat Arab.

Pengamanan pelaksanaan shalat tarawih, Bagus Sigit menjelaskan, telah bekerja sama dengan Kepolisian guna memeriksa barang bawaan, menyita barang yang membahayakan.

"Tadi dari Polresta Solo ikut membantu mengamankan keamanan. Tim keamanan beberapa waktu lalu memang bertugas menertibkan yang masuk ke masjid raya," jelasnya.

Sedangkan untuk mekanisme pembagian 6.000 takjil selama bulan Ramadhan, akan dibagi di luar masjid. Lebih tepatnya, di tiga tenda yang telah disediakan.

Takjil yang akan dibagikan, berupa makanan khas Indonesia hingga makanan khas timur tengah yang biasanya menjadi santapan buka bersama akan disajikan dalam menu paket takjil.

"Menunya makanan khas Indonesia, tapi sekali tempo, akan ada menu khas Arab. Hidangan takjilnya hanya kurang lebih 6.000, sehingga nanti disampaikan secukupnya," ucapnya.

"Kemudian ada yang datang membutuhkan buka, nanti kita akan menyiapkan cadangan tapi bukan hidangan utama tapi air mineral dan kurma," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/23/065507778/20000-warga-antusias-ikuti-shalat-tarawih-di-masjid-raya-sheikh-zayed

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke