Salin Artikel

Resmikan SPAM Banjarbakula, Jokowi Sebut 60.000 Rumah Tangga Teraliri Air Bersih

BANJARBARU, KOMPAS.com - Presiden Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Jumat (17/3/2023).

Jokowi tiba di Kompleks SPAM Banjarbakula pada Pukul 14.30 Wita didampingi sejumlah Menteri Kabinet, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan kepala daerah penerima manfaat SPAM Banjarbakula.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, jika SPAM Banjarbakula harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena pembangunannya memakan anggaran yang tidak sedikit.

"SPAM Banjarbakula yang kami bangun di sini untuk tahapan kedua menghabiskan anggaran Rp 787 miliar. Ini banyak sekali," ujar Jokowi, dalam sambutannya.

Jokowi memastikan, jika selesainya pembangunan SPAM Banjarbakula, maka 60.000 rumah tangga di 5 kabupaten dan kota di Kalsel akan teraliri air bersih.

"Kelima kabupaten, kota, itu adalah Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Barito Kuala dan Tanah Laut. SPAM ini akan mensuplai ke 60.000 rumah tangga yang memerlukan air minum," ujar dia.

SPAM Banjarbakula sebutnya mengambil bahan baku air di Sungai Riam Kanan atau berjarak 20 kilometer.

"Air Sungai Riam Kanan dibawa ke sini, diolah sampai bersih kemudian di suplai ke 60.000 rumah tangga tadi," tambah dia.

Usai meresmikan SPAM Banjarbakula, Jokowi dan rombongan langsung bertolak ke Jakarta.

Sejumlah agenda yang sedianya di gelar di Kabupaten Banjar dibatalkan.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/17/143916378/resmikan-spam-banjarbakula-jokowi-sebut-60000-rumah-tangga-teraliri-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke