Salin Artikel

BPBD Nunukan Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Kebakaran Liang Bunyu Pulau Sebatik

"Bantuan kami salurkan untuk 20 KK dengan jumlah jiwa 85," ujar Kasubid Informasi BPBD Nunukan, Muhammad Basir, Rabu (15/3/2023).

Pada peristiwa kebakaran, Selasa (14/3/2023) sekitar pukul 22.00 Wita semalam, terdapat 11 rumah rusak berat dan 1 rumah mengalami kerusakan ringan.

Jembatan jeramba dengan panjang sekitar 60 meter di kawasan tersebut ikut terbakar dan mengalami kerusakan sedang.

BPBD mencatat, asumsi kerugian akibat kebakaran tersebut, sebesar Rp 1.065.975.000.

Dengan rincian, kerusakan fisik rumah sebesar Rp 750.975.000. Dan fasilitas umum berupa jembatan jeramba yang rusak sedang dengan nilai kerugian sekitar Rp 315.000.000.

Kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di RT 06 Desa Liang Bunyu, wilayah pesisir Pulau Sebatik, Nunukan, Kaltara, Selasa (14/3/2023) sekitar pukul 22.00 wita, mengakibatkan 11 rumah dengan 20 Kepala Keluarga (KK), luluh lantak.

Kapolsek Sebatik Timur, Iptu Maswoko, mengungkapkan, kebakaran tersebut dipicu oleh adanya pemindahan BBM jenis pertalyte dari drum ke jerigen, menggunakan pompa mini yang dalam kondisi korslet.

"Dugaan penyebab kebakaran, karena seorang warga yang memindahkan pertalite dari drom ke geleng 25 liter. Alat pompa minyak celup mini yang digunakan dalam keadaan korslet," ujarnya.

Akibat pompa bermasalah tersebut, timbul percikan api yang langsung membesar karena bersentuhan dengan BBM.

"Api sulit dipadamkan dikarenakan rumah terbuat dari kayu yang saling berdempetan. Keterbatasan alat pemadam serta banyaknya warga yang menonton, menjadi kendala petugas menuju ke TKP," jelasnya.

Api berkobar sekitar satu jam, sampai pukul 23.00 wita. Cuaca gelap gulita dan kondisi air laut yang sedang pasang juga menjadi tantangan lain dalam peristiwa tersebut.

Imbasnya, tidak banyak barang barang warga yang bisa terselamatkan.

"Para korban mayoritas memiliki keluarga disana, sehingga mereka sementara menumpang di rumah keluarga masing-masing," kata Maswoko.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/15/151747778/bpbd-nunukan-salurkan-bantuan-sembako-untuk-korban-kebakaran-liang-bunyu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke