Salin Artikel

Jelang Ramadhan, Tim Gabungan Pemkot dan BPOM Sidak Makanan Kedaluwarsa di Pasar Induk Solo

Analis Perdagangan Ahli Muda Dinas Perdagangan Kota Solo Veronica Erna mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengawasan dan jaminan kesehatan kepada warga Solo menjalang Ramadhan.

Petugas mengecek satu per satu kemasan makanan yang dijual oleh pedagang. Petugas juga mencatat kemasan makanan yang kondisinya rusak atau kotor yang masih di display pedagang.

"Kemasan yang rusak atau kotor kami catat. Karena kemasan rusak atau kotor itu tidak pantas untuk dikonsumsi karena bisa mengandung jamur dan sebagainya," kata Vero ditemui di sela-sela sidak di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Vero menambahkan petugas belum menemukan makanan kedaluwarsa yang dijual pedagang Pasar Induk tersebut.

Kendati demikian, kata dia, masih ada beberapa lokasi yang juga akan didatangi tim untuk mengecek makanan yang dijual oleh pedagang, yakni Pasar Harjodaksino, dan beberapa toko modern.

Vero menyampaikan petugas akan langsung menarik makanan kedaluwarsa yang dijual oleh pedagang pasar. Karena makanan kadaluwarsa berbahaya jika dikonsumsi.

Kemudian pedagang akan diberikan pembinaan agar nantinya tidak kembali men-display atau menjual makanan kadaluwarsa.

"Kalau ada temuan kita hanya menarik barang tersebut supaya tidak ditampilkan etalase dan memberikan pembinaan," kata Vero.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/14/121938678/jelang-ramadhan-tim-gabungan-pemkot-dan-bpom-sidak-makanan-kedaluwarsa-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke