Salin Artikel

Abu Gunung Merapi di Kota Magelang Mulai Dibersihkan

Pantauan Kompas.com, pembersihan juga dilakukan oleh petugas BPBD Kota Magelang dan berbagai unsur relawan di tempat atau fasilitas umum, seperti di Alun-alun Kota Magelang

"Langkah pertama untuk menangani abu vulkanis ini kami melakukan penyemprotan di beberapa area public space. Baik itu taman maupun ruas-ruas jalan di Kota Magelang. Penyemprotan dimulai dari Alun-alun dan sekitarnya Sabtu (11/3/2023) malam," kata Pj Sekda Kota Magelang, Larsita, Senin (12/3/2023).

Pembersihan dibantu oleh petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), PDAM, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), PMI dan Tagana.

Selain itu ada juga  pembagian masker di beberapa titik di ruas-ruas jalan. Hal ini untuk membantu masyarakat agar terhindar dari gangguan pernapasan akibat abu vulkanik.

"Kami juga distribusi obat-obatan yang terkait dengan iritasi mata maupun  masalah pernapasan. Semua obat telah disiapkan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di Kota Magelang untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan," lanjut Larsita.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Magelang Machbub Yani Arfian menjelaskan, ada dua armada Damkar yang dikerahkan untuk pembersihan debu erupsi Gunung Merapi, dibantu instansi lainnya. 

"Kemudian di Masjid Agung dan Taman Kyai Langgeng Ecopark karena akan digunakan kegiatan masyarakat untuk Khataman menjelang Ramadhan," papar lanjutnya.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur mengimbau masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan lingkungannya dari debu erupsi Merapi. 

Hal ini penting untuk agar Kota Magelang tetap bersih dan terjaga kesehatan warganya. Dia juga mengimbau masyarakat untuk sementara tidak beraktivitas keluar rumah terlebih dahulu.

"Kepada warga yang tidak mempunyai kepentingan mendesak, sebaiknya tidak usah bepergian dahulu. Terutama orang tua dan yang kurang sehat, tetap tinggal di rumah untuk menjaga kesehatan jasmani," pesannya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/12/111408178/abu-gunung-merapi-di-kota-magelang-mulai-dibersihkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke