Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Istri Gubernur NTT Bagikan Makanan Gratis ke Siswa yang Masuk Pukul 05.30 | Klaim Pengacara Soal Mobil Penabrak Mahasiswi Cianjur

KOMPAS.com - Istri Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Julie Sutrisno Laiskodat mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Kota Kupang, NTT.

Julie membawa makanan dan minuman berbahan dasar kelor untuk dibagikan kepada semua siswa yang masuk pukul 05.30 Wita.

Selain itu, Ketua tim kuasa hukum tersangka Sugeng, Yudi Junadi mengatakan, penabrak mahasiswi Selvi Amelia Nuraeni bukanlah Audi A6, melainkan Pajero Sport milik Kasat Reskrim Polres Cianjur.

Hal ini berdasarkan dalam keterangan sopir angkot yang berada tepat di depan motor korban mengungkapkan, kendaraan yang melindas korban hingga tewas merupakan mobil Pajero warna hitam.

Dua berita tersebut menjadi perhatian banyak pembaca Kompas.com. Berikut ini lima berita populer Nusantara yang dirangkum pada Jumat (10/3/2023):

Rombongan Julie Sutrisno Laiskodat, istri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat tiba di sekolah yang berada di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, pada pukul 05.00 Wita.

Sambil menunggu kedatangan para guru dan pelajar, Julie melihat-lihat suasana sekolah dan berbincang dengan beberapa guru yang hadir lebih awal.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT itu juga membawa makanan dan minuman berbahan dasar kelor yang dibagikan kepada semua pelajar yang masuk sekolah pagi itu.

Selain itu, Julie juga memberikan motivasi kepada pelajar dan guru tentang manfaat beraktivitas di subuh hingga pagi hari.

"Kehadiran saya ingin mendukung program Gubernur NTT yang dieksekusi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan SMA Negeri 6 Kota Kupang," kata Julie, yang juga merupakan Anggota DPR RI, Jumat.

Ketua tim kuasa hukum tersangka Sugeng, Yudi Junadi mengatakan, penabrak mahasiswi Selvi Amelia Nuraeni bukanlah Audi A6, melainkan Pajero Sport milik Kasat Reskrim Polres Cianjur.

Seperti diketahui, Selvi Amelia Nuraeni (19 tahun) meninggal terlindas mobil di Jalan Raya Bandung, Kampung Sabandar, Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jumat (20/1/2023).

"Adanya dugaan fakta itu berdasarkan keterangan Yusandi (49), sopir angkot yang kendaraannya tepat di depan sepeda motor korban, sebelum akhirnya korban jatuh dan tewas terlindas mobil," ujar Yudi dikutip dari Tribun Jabar, Jumay (10/3/2023).

Dalam keterangannya, sopir angkot itu mengungkapkan, kendaraan yang melindas korban hingga tewas merupakan mobil Pajero warna hitam.

"Sopir angkot ini, kita yang menemukan. Sementara penyidik sangat kesulitan untuk mendapatkan keberadaan dari Yusandi ini. Padahal, Yusandi ini merupakan saksi kunci," ucapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) geleng-geleng kepala saat melihat lokasi penyerahan sertifikat tanah di Kabuapten Blora tampak becek.

Tampak dua warga Blora, dengan bertelanjang kaki dan penuh lumpur maju ke panggung untuk berdialog dengan Presiden Jokowi. Dua warga Blora itu adalah Latinah dan Yatimin.

"Mriki bu, sini. Pelan-pelan saja. Nanti dawah njenengan mangkeh (nanti ibu jatuh), kepleset," kata Jokowi.

Sebenarnya lokasi pembagian sertifikat yang becek dan berlumpur sempat disinggung Jokowi di awal sambutan.

Jokowi sempat bertanya-tanya siapa yang memilih lokasi acara tersebut.

"Pertanyaaan saya yang milih ini siapa? Saya tanya Bu Menteri Pak Menteri. Saya tanya pak Gubernur, 'itu yang milih rakyat sendiri Pak'," tutur Jokowi.

Jokowi juga sempat terlihat geleng-geleng kepala melihat lokasi acara. Jokowi mengatakan sebenarnya lokasi yang jauh tidaklah masalah.

"Jauh enggak apa-apa, tapi becek kayak gini coba. Setelah ini mau ditanem gitu? Kita kayak mbajak (membajak) sawah aja. Kados ngluku, nggeh to (kayak bajak, ya kan)?" ungkap Jokowi.

Video dan foto terbaru Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens yang sedang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, kembali tersebar.

Salah satu penyebarnya adalah Sebby Sambom yang mengaku sebagai Juru Bicara TPNPB.

Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen memastikan bahwa benar yang ada di dalam video tersebut adalah Kapten Philip.

"Iya benar," kata Rio melalui pesan singkat, Jumat (10/2/2023).

Dalam beberapa video tersebut, tampak Kapten Philip menggunakan jaket berwarna hitam biru dan menggunakan celana paanjang.

Tampak juga Egianus Kogoya tepat di samping sang pilot.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, dirinya akan bertemu Menko Polhukam Mahfud MD sebagai buntut pernyataan mengenai aliran dana mencurigakan sebesar Rp 300 triliun di Kemenkeu.

Kepada wartawan saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Solo, Sri mengaku tidak tahu asal-usul angka ratusan triliun yang disampaikan Mahfud.

Dia juga mengungkapkan baru menerima surat dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pagi tadi.

Karena itu, dilansir dari TribunSolo, Kamis (9/3/2023), Sri Mulyani berujar akan berkoordinasi baik dengan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana dan Mahfud MD.

"Saya akan kembali ke Jakarta, bicara lagi dengan Pak Mahfud dan Pak Ivan, angkanya itu dari mana sehingga saya bisa mempunyai informasi yang sama," terangnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere, Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho, Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor Pythag Kurniati, Reni Susanti, Dita Angga Rusiana, Krisiandi, Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2023/03/11/060000878/-populer-nusantara-istri-gubernur-ntt-bagikan-makanan-gratis-ke-siswa-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke