Salin Artikel

Ganjar Tak Restui Pembangunan Pabrik Semen di Pati Meski Sudah Kantongi Izin

SEMARANG, KOMPAS.com-Lantaran berisiko merusak lingkungan dan menyebabkan gundulnya pegunungan Kendeng, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menolak memberi restu terhadap pembangunan pabrik semen di Sukolilo, Pati.

Hal itu Ganjar sampaikan saat memimpin rapat koordinasi penanganan infrastruktur sumber daya air dan jalan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (8/3/2023).

"Kenapa belum dibangun Pak? Karena dia tanya pada saya, pendapat Pak Gub apa? Kalau menurut saya enggak usah. Padahal udah punya izin loh PT SMS Pak, anda cek itu," tutur Ganjar kepada Bupati Pati.

Ganjar menceritakan akhirnya PT SMS mendatanginya. Ganjar juga menegaskan kepadanya bila dimintai pendapat, Ganjar tidak setuju karena suplai semen cukup.

"Dia udah punya izin, gugatannya menang. Namanya PT SMS, kalau belum tahu saya kasih tahu. Nah di tempat-tempat itu sekarang gundul, Kudus sama, Pati juga sama. Saya nderek titip pada kawan-kawan, di tempat-tempat itu problemnya sudah serius," lanjutnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus mengatakan saat ini di Sukolilo memang tidak ada pabrik semen. Namun Pegunungan Kendeng tetap terancam rusak.

Pasalnya, setelah pabrik semen ditolak warga Pati karena dikhawatirkan merusak pegunungan Kendeng, pabrik justru dibangun di Rembang.

"Tapi tidak jaminan dengan pabrik dibangun di Rembang terus Gunung Kendeng lestari. Karena sebagian bahan baku mereka diambil di Kendeng juga, sehingga Kendeng ya tetep rusak," beber Martinus, Kamis (9/3/2023).

Selain berdampak pada gunung, ia menilai aktivitas pabrik yang membawa truk material juga turut merusak akses jalan kabupaten dan desa.

"Otomatis jalanan di wilayah Kabupaten Pati, apalagi jalan kabupaten dan desa dilewati truk dengan muatan bahan galian kan tonasenya masih berlebih, sehingga dipastikan itu merusak infrastruktur jalan, di jalan yang menghubungkan Sukolilo sampai Prawoto," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/09/173057278/ganjar-tak-restui-pembangunan-pabrik-semen-di-pati-meski-sudah-kantongi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke