Salin Artikel

Penyebab Keracunan 36 Balita di Dompu, Diduga Kesalahan Pengolahan Nasi Bungkus Acara Ulang Tahun

KOMPAS.com - Sebanyak 36 balita mengalami gejala keracunan usai mengonsumsi nasi bungkus di acara ulang tahun di Desa Kampasi Meci, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jumlah balita tersebut bertambah dari awalnya 35 orang yang dilaporkan sebelumnya oleh jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Manggelewa, Selasa (7/3/2023),

"Ada 45 orang yang makan nasi bungkus itu, tapi hanya 36 orang mengalami gejala keracunan. Sembilan orang sisanya tetap dalam pantauan kami," kata Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda Dinas Kesehatan (Dinkes) Dompu, Nasrullah saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

Kesalahan penyajian

Menurut Nasrullah, dari hasil penyelidikan yang dilakukan terungkap bahwa penyebab utama keracunan puluhan balita itu karena adanya kesalahan penyajian.

Nasi tersebut diolah dan dibungkus sekitar pukul 11.00 wita, lalu dibagikan untuk dikonsumsi puluhan balita enam jam kemudian, yakni pukul 17.00 wita.

Selain itu, dugaan lainnya yakni pengaruh bahan baku seperti lauk berisi daging ayam boks yang dipesan secara online dari luar daerah.

"Dalam kesimpulan kami, identifikasi faktor penyebabnya adalah proses penyajian yang salah atau keliru. Kita juga tidak menafikan kemungkinan bahan bakunya juga bermasalah, karena itu barang dikirim dari Mataram, kita tidak tahu bagaimana proses penyembelihan, penyimpanan dan pengiriman," ungkapnya.

Kesalahan pengolahan dan penyajian, lanjut dia, menjadi kesimpulan utama, sebab tidak ada sampel bahan baku seperti daging ayam boks yang tersisa untuk dilakukan pengujian.

Nasrullah mengungkapkan, pihaknya masih terus memantau perkembangan kondisi kesehatan puluhan balita yang pernah mengonsumsi nasi bungkus saat acara ulang tahun tersebut.

"Terutama mereka yang tidak mengalami gejala. Saran kami agar semua dicek walaupun tidak ada gejala, tapi kami tidak bisa juga memaksa masyarakat," kata Nasrullah.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 35 orang balita di Desa Kampasi Meci, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Mereka diduga keracunan setelah mengonsumsi nasi bungkus pada saat acara ulang tahun salah seorang balita di Desa Kampasi Meci.

"Korban keracunan berjumlah 35 jiwa, sebagian besar masih berusia balita," kata Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Manggelewa, Iptu Ramli usai meninjau kondisi pasien di Rumah Sakit (RS) Pratama Manggelewa dan Puskesmas Soriutu, Selasa (7/3/2023).

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Bima, Junaidin | Editor Andi Hartik, Krisiandi)

https://regional.kompas.com/read/2023/03/08/230015878/penyebab-keracunan-36-balita-di-dompu-diduga-kesalahan-pengolahan-nasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke