Salin Artikel

Jalur Pantura Macet Parah, Kadishub Pati: Kendalanya Cuma Hujan

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pati Teguh Widyatmoko mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi memengaruhi pengerjaan pembangunan jembatan dan jalan di jalur tersebut.

"Sepanjang tidak hujan, bahu jalan bisa diperbaiki dan bisa dilewati, insyaAllah tidak ada macet panjang," kata Teguh saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (3/3/2023).

Menurut Teguh, jalan beton di jalur Pantura Pati wilayah Kecamatan Juwana-Batangan sudah usang dan memang perlu perbaikan.

"Beton sudah rusak parah, diganti baru. Kalau hujan banyak lubang. Kendaraan muatan berat tidak berani lewat, bisa patah as. Kalau tidak hujan, bisa ditambali dan bisa untuk lewat sehingga tidak buka tutup. Jadi kendalanya cuma hujan," kata Teguh.

Dijelaskan Teguh, perbaikan jembatan Juwana sudah berlangsung sejak pertengahan Juli 2022. Sementara peremajaan betonisasi jalur Pantura Pati di wilayah Kecamatan Batangan sudah dimulai sejak pertengahan Januari 2022.

"Kerusakan jalan dan perbaikan jalan di Batangan diberlakukan buka tutup karena bahu jalan tak bisa dilewati. Kalau hujan tidak terus menerus, bahu jalan bisa diperbaiki. Juwan-Batangan perbaikan di lima titik yang paling parah, secara bergantian tak sekaligus. Sisanya setelah lebaran," terang Teguh.

Kasatlantas Polresta Pati Kompol Asfauri mengatakan, untuk mengurai kemacetan parah tersebut, personel Satlantas Polresta Pati sudah diterjunkan untuk bersiaga 24 jam. Sementara itu, supaya kemacetan tidak berlarut-larut, kendaraan kecil diarahkan untuk melintasi jalur alternatif.

"Ketika di jalur Alternatif pertigaan Glonggong, Kecamatan Jakenan terjadi banjir, maka jalur alternatif yang dipergunakan melalui JLS Ngantru-Gabus-Winong-Pucakwangi-Jakenan-Jaken-Pantura Rembang," lanjutnya.

Satlantas Polresta Pati juga menggencarkan sosialisasi secara masif melalui media sosial dan media massa agar kendaraan dari luar kota Semarang-Surabaya atau sebaliknya supaya menghindari jalur Pantura Pati.

"Tetapi disarankan untuk lewat jalur Tengah yakni Solo-Ngawi," kata Asfauri.

Asfauri menambahkan, Satlantas Polresta Pati juga menjalin koordinasi dengan pelaksana proyek untuk memastikan pekerjaan bisa rampung dengan optimal tanpa molor.

"Koordinasi dengan pelaksana pekerjaan jalan dan jembatan serta kementerian PUPR melalui PPKnya. Supaya mempercepat pekerjaan dan juga melakukan perawatan rutin jalan dan bahu jalan yang rusak yang menjadi lintasan kendaraan," kata Asfauri.

Asfauri pun mengimbau kepada pengguna jalan yang melintasi jalur Pantura Pati-Rembang untuk legawa menunggu perbaikan infrastruktur selesai.

"Kami imbau untuk lebih bersabar, karena perlambatan arus akibat perbaikan jalan dan jembatan tidak bisa kita hindari. Tetap patuhi aturan lalu lintas, jangan sekali-kali ngeblong dengan mengambil lajur kanan, karena bisa memperparah kemacetan. Tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan di jalan," pungkas Asfauri.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/04/053200578/jalur-pantura-macet-parah-kadishub-pati--kendalanya-cuma-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke